Penangguhan pelaksanaan perkawinan pada masa pandemi Covid-19 perspektif maqāṣid al-syarī’ah : studi di KUA Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan.

Khilmiati, Rita (2022) Penangguhan pelaksanaan perkawinan pada masa pandemi Covid-19 perspektif maqāṣid al-syarī’ah : studi di KUA Kecamatan Tawangharjo Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016126_Rita_Khilmiati] Text (SKRIPSI_1702016126_Rita_Khilmiati)
1702016126_Rita Khilmiati_Full Skripsi - khilmirita rita.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi awal tahun 2020, dunia khususnya Indonesia telah di gegerkan dengan adanya virus Corona, dimulai dengan penyakit menular dan bisa menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, pemerintah menerbitkan surat edaran yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut yang didalamnya menyebutkan beberapa hal tentang pelaksanaan pernikahan yang ditunda.
Pokok permasalahan dalam penulisan ini adalah mengetahui bagaimana pelaksanaan penangguhan perkawinan pada masa pandemi Covid-19 di KUA kecamatan Tawangharjo kabupaten Grobogan serta mengetahui bagaimana tinjauan maqāṣid al-syarī’ah terhadap penangguhan pelaksanaan perkawinan pada masa pandemi Covid-19 di KUA Tawangharjo kabupaten Grobogan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) bertujuan memberikan gambaran tentang penangguhan pelaksanaan perkawinan pada masa pandemi covid-19 perspektif maqāṣid al-syarī’ah yang bertempat di KUA kecamatan Tawangharjo. Sedangkan data yang dikumpulkan berupa data primer dan sekunder, data yang diperoleh menggunakan teknik wawancara langsung, observasi lapangan dan dokumentasi. Data-data tersebut selanjutnya disusun, dijelaskan dan dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-analitik untuk kemudian ditarik kesimpulan.
Dari penelitian ini penulis mendapatkan beberapa kesimpulan. Pertama, Praktek pelaksanaan perkawinan setelah turunnya surat edaran pada masa pandemi Covid-19 yang terjadi di KUA kecamatan Tawangharjo yakni ditundanya pelaksanaan pernikahan bagi yang mendaftar sesudah tanggal 01 April 2020, serta pelaksanaan pernikahan hanya dilayani yang mendaftar sebelum tanggal tersebut. Kedua, bahwa penangguhan perkawinan ini bertujuan untuk menjaga manusia agar tidak tertular penyakit Covid-19, dengan membatasi atau bahkan memberhentikan sejenak pelayanan pernikahan di KUA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Penangguhan perkawinan; maqāṣid al-syarī’ah; KUA; Tawangharjo.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Mar 2023 02:39
Last Modified: 04 Mar 2023 02:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19322

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics