Pengaruh digital marketing dan celebrity endorser terhadap minat beli pengguna aplikasi shopee (studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang)

Al-Firdausiahla, Muhamad (2022) Pengaruh digital marketing dan celebrity endorser terhadap minat beli pengguna aplikasi shopee (studi kasus mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1605026149_MUHAMAD_FIRDAUSIAHLA] Text (SKRIPSI_1605026149_MUHAMAD_FIRDAUSIAHLA)
SKRIPSI_1605026149_MUHAMAD_FIRDAUSIAHLA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Belanja secara online di Indonesia telah menjadi pilihan masyarakat untuk memperoleh barang yang diinginkan. Pertumbuhan e-commerce yang terus meningkat di Indonesia membuat Shopee ikut menghidupkan industri online ini. Berdasarkan survey kepada 35 mahasiswa FEBI UIN Walisongo Semarang bahwa 5 mahasiswa tertarik membeli karena faktor iklan di media sosial (digital marketing). 6 mahasiswa melakukan pembelian di Shopee karena faktor celebrity endorser. Sedangkan 24 mahasiwa memilih membeli di Shopee karena faktor di luar variabel penelitian yaitu faktor kualitas produk. Hasil survey tersebut menunjukkan bahwa faktor pembelian lebih didominasi oleh faktor kualitas produk. Faktor digital marketing dan celebrity endorser memiliki pengaruh yang rendah dalam pembelian konsumen. Hal ini berarti bahwa faktor digital marketing dan celebrity endorser tidak memiliki dampak yang berarti dalam pembelian. Rumusan malalah penelitian ini yaitu apakah digital marketing berpengaruh terhadap minat beli pengguna aplikasi shopee pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo, apakah celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli pengguna aplikasi shopee pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo, apakah digital marketing dan celebrity endorser berpengaruh terhadap minat beli pengguna aplikasi shopee pada mahasiswa FEBI UIN Walisongo.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan metode atau pendekatan kuantitatif yang menggunakan sumber data dari hasil angket, jurnal, buku, serta artikel-artikel yang berkaitan dengan penelitian. Teknik penarikan sampel dari populasi dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sejumlah 112 mahasiswa. Data yang digunakan melalui kuisioner dan dokumentasi kemudian dikumpulkan dan dianalisis dengan regresi berganda.
Dari sumber tersebut didapatkan : Digital marketing berpengaruh positif terhadap minat beli pengguna aplikasi shopee terbukti. Sebab, melalui penelitian didapatkan informasi bahwa thitung=6,037>ttabel=1,660 dan sig=0,000<0,05. Sehingga bersifat segnifikan. Celebrity endorser mempunyai pengaruh positif pada minat beli pengguna aplikasi shopee. Sebab, melalui penelitian didapatkan informasi bahwa thitung=16,284>ttabel=1,660 dan sig=0,000<0,05. Sehingga bersifat segnifikan. Dengan ini ditunjukkan melalui uji F bahwa Fhitung 191,522 dengan probabilitas 0,000<0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen yang terdiri dari digital marketing dan celebrity endorser akan mempengaruhi 77,4% perubahan variabel minat beli pengguna aplikasi shopee. Sedangakan sebesar 22,6% dipengaruhi oleh variabel diluar model.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing; Celebrity Endorser; dan Minat Beli Pengguna Aplikasi Shopee
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 04 Mar 2023 03:53
Last Modified: 11 Apr 2023 04:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19329

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics