Dampak hukum keluarga beda agama : studi kasus di Desa Bumi Dipasena Utama Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulangbawang

Firdani, Maghfiroh Ayu (2022) Dampak hukum keluarga beda agama : studi kasus di Desa Bumi Dipasena Utama Kecamatan Rawajitu Timur Kabupaten Tulangbawang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1802016012_Maghfiroh_Ayu_Firdani] Text (SKRIPSI_1802016012_Maghfiroh_Ayu_Firdani)
1802016012_Maghfiroh Ayu Firdani_Lengkap Tugas Akhir - Maghfiroh Ayu Firdani UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Keluarga beda agama memiliki permasalahan khusus yang berbeda dari perkawinan pada umumnya. Permasalahan yang dapat muncul adalah tentang dampak hukum keluarga (rumah tangga) beda agama, Dalam hal ini menurut Guru Besar Hukum Perdata Universitas Indonesia, Prof. Wahyono Darmabrata, menjabarkan ada empat cara yang populer ditempuh pasangan beda agama agar pernikahannya dapat dilangsungkan, yaitu: 1. meminta penetapan pengadilan, 2. perkawinan dilakukan menurut hukum masing-masing agama, 3. Penundukan sementara pada salah satu hukum agama, 4. menikah di luar negri. Hal ini kemudian dijadikan alasan bagi beberapa masyarakat yang tidak patuh terhadap hukum Indonesia untuk melakukan perkawinan dengan cara penundukan sementara pada salah satu agama. dalam kasus ini adalah perkawinan dengan cara salah satu pihak melakukan perpindahan agama secara sementara, artinya setelah perkawinan berlangsung masing-masing pihak kembali memeluk agamanya masing-masing. Dengan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah pada skripsi ini adalah: (1) Apa faktor yang mempengaruhi terjadinya keluarga beda agama di Desa Bumi Dipasena Utama Kecamatan Rawajitu Timur, (2) Bagaimana dampak hukum dari keluarga beda agama di Desa Bumi Dipasena Utama Kecamatan Rawajitu Timur.
Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Adapun sumber data utama dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder. Dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data observasi dan wawancara.
Hasil penelitian: 1. Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya keluarga beda agama di Desa Bumi Dipasena Utama yaitu Latar Belakang Orangtua, Kemudahan Administrasi Perkawinan, Pendidikan tentang agama yang Minim, Kebebasan Memilih Pasangan. Menurut penulis keefektifitasan suatu hukum dalam masyarakat Bumi Dipasena Utama masih kurang, dikarnakan tidak adanya prasarana fasilitas yang mendukung penegakkan hukum yang cukup. Jika fasilitas pendukung tidak terpenuhi maka mustahil penegak hukum akan mencapai tujuannya. Sehingga masih dikatakan belum berjalan efektif. 2. Dampak hukum dari keluarga beda agama di Desa Bumi Dipasena Utama diantaranya status perkawinan yang tidak sah di mata negara dan di mata hukum agama, dampak terhadap anak yaitu terputusnya nasab anak kepada bapaknya dan dialihkan ke nasab ibunya, sehingga berkonsekuensi anak tidak dapat hak waris mewarisi, dan hak wali nikah dalam perkawinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keluarga beda agama; Bumi Dipasena Utama; pernikahan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Mar 2023 04:19
Last Modified: 04 Mar 2023 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19330

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics