Pengaruh marketing mix 4p (product, price, promotions, place) dan religiusitas terhadap minat beli di halal marketplace Tokopedia : Studi Kasus Generasi Z, kelahiran tahun 1997-2012 di Kota Semarang

Anam, Lutfi Khoirul (2022) Pengaruh marketing mix 4p (product, price, promotions, place) dan religiusitas terhadap minat beli di halal marketplace Tokopedia : Studi Kasus Generasi Z, kelahiran tahun 1997-2012 di Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1805026135_LUTFI_KHOIRUL_ANAM] Text (SKRIPSI_1805026135_LUTFI_KHOIRUL_ANAM)
SKRIPSI_1805026135_LUTFI_KHOIRUL_ANAM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Semakin meningkatnya jumlah pengguna internet, memberikan potensi terhadap bisnis berbasis online yang berdampak persaingan di industry bisnis e-commerce dalam aktivitas pemasaran. Tokopedia meluncurkan halal marketplace untuk menghadapi persaingan tersebut. Hal tersebut menjadi menjadi solusi alternatif karena mayoritas penduduk Indonesia adalah beragama Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z kelahiran tahun 1997-2012. Metodee penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non propably-purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 dengan kriteria tertentu. Adapun sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua: data primer yang didapatkan dari kuisioner yang dibagikan kepada responden melalui google form, dan data sekunder yang diperoleh dari buku, jurnal, maupun internet yang kemudian dianalisis menggunakan regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa marketing mix 4P (Produk, Price, Promotion, Place) dan Religiusitas berpengaruh terhadap variabel minat beli. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari nilai t table dengan nilai variabel produk 0.253 > 1983 dengan nilai signifikansi 0.801, variabel price 1.237 > 1.983 dengan signifikansi 0.219, variabel promotion 2.461 > 1.983 dengan signifikansi 0.016, variabel place 2.827 > 1.983 dengan signifikansi 0.006, variabel religiusitas 0.637 > 1.983 dengann nilai signifikansi 0.526.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Produk; Harga; Promosi;Tempat; Religius; Minat Beli.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 04 Mar 2023 07:27
Last Modified: 04 Mar 2023 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19334

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics