Implementasi Undang Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf dalam penanganan praktek perwakafan tidak bersertifikat : studi kasus di Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal

Sholah, Mu’la Alfis (2022) Implementasi Undang Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang wakaf dalam penanganan praktek perwakafan tidak bersertifikat : studi kasus di Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1802016040_Mu’la_Alfis_Sholah] Text (SKRIPSI_1802016040_Mu’la_Alfis_Sholah)
1802016040_Mu_la Alfis Sholah_Full Skripsi - Mu_la Alfis Sholah 040.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3MB)

Abstract

Perwakafan merupakan suatu masalah yang sangat penting untuk dikaji pada zaman modern ini. Oleh sebab itu, perwakafan tentunya harus dilakukan dengan prosedur yang sesuai dengan hukum Negara yang berlaku saat ini yang mana harus disertifikatkan wakaf. Dengan demikian, sertifikat tanah wakaf merupakan tahap akhir dalam praktek pelaksanan wakaf. Adanya sertifikat tanah wakaf bertujuan untuk memberikan kepastian hukum dan juga kekuatan hukum harta benda yang diserahkan oleh wakif. Namun tanah wakaf yang berada di Kelurahan Bandeangan masih terdapat tanah wakaf yang belum bersertifikat padahal tanah tersebut sudah dimanfaatkan oleh masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa adanya kewajiban mensertifikatkan tanah wakaf belum berjalan sebagaimana mestinya. Untuk mengoptimalkan proses pewakafan maka perlu adanya kesadaran hukum dan kepatuhan hukum untuk masyarakat mempelajari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 yang mana merupakan peraturan yang mengatur tentang permasalahan perwakafan. Dalam sosiologi hukum adanya kesadaran hukum merupakan salah satu terciptanya tujuan aturan hukum yang dibuat oleh pemerintah.
Berdasarkan permasalahan tersebut, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Implementasi Undang undang nomer 41 tahun 2004 tentang wakaf dalam penanganan praktek perwakafan tidak bersertifikat di Kelurahan Bandengan kecamatan Kendal Kabupaten Kendal? 2) Mengapa Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 belum banyak di Implementasi di Kelurahan Bandengan Kecamatan Kendal Kabupaten Kendal?. Adapun Jenis penelitian yang dipakai adalah jenis penelitian hukum empiris (sosio legal reseacr). Jenis data yang akan digunakan dalam penelitian empiris ini bersumber dari data primer, sekunder, tersier. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Implementasi undang undang nomer 41 tahun 2004 tentang wakaf dalam penanganan praktek wakaf tidak bersertifikat, bahwasanya praktek wakaf belum sepenuhnya berjalan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 yang mana prosesnya masih mengunakan adat tradisional yaitu dengan lisan dan sertifikat yang ada di Kelurahan Bandengan dilatarbelakangi karena masih kurangnya kesadaran masyarakat dan juga kepedulian masyarakat mengenai pentingnya sertifikat tanah walaupun sebagian kecil sudah ada yang mengimplimentasikan UU No.41 Tahun 2004 karena adanya proses sertifikasi masal yang mana merupakan program pemerintah. 2) masyarakat belum sepenuhnya melakukan praktek wakaf yang sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku tentunya beberapa faktor yang mana adanya permasalahan wakaf yang kompleks dan yang ada di tengah-tengah masyarakat.sepertihalnya kurangnya pengetahuan masyarakat dan masyarakat masih terpaku dengan hukum terdahulu. Ini yang menyebabkan proses perwakafan terhambat dan belum disertifikatkan wakaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wakaf; tanah wakaf; sertifikasi tanah wakaf
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 04 Mar 2023 07:36
Last Modified: 04 Mar 2023 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19336

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics