Problematika pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (Ptsl) di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang

Nurrohman, Septian (2022) Problematika pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (Ptsl) di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_16020560023_Septian_Nurohman] Text (SKRIPSI_16020560023_Septian_Nurohman)
1602056023_SeptianNurrohman_Full Skripsi - Septian Nurrohman.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pendaftaran tanah dipandang sebagai cara untuk memberikan jaminan kepastian hukum sesuai dengan Pasal 19 Ayat (1) Undang-Undang Pokok Agraria terhadap penguasaan dan kepemilikan baidang tanah.selain itu pendaftaran tanah merupakan salah satu cara untuk membangun database pertanahan yang sangat di perlukan dalam melaksanakan manajemen pertanahan.maka dari itu tahun 2016 dimulai program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang dan Bagaimana problematika yang terdapat dalam pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum kualitatif dengan pendekatan yuridis-empiris yang bersifat non doktinal. Adapun sumber data berasal dari data primer yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi, serta data sekunder yang berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, dan bahan hukum tersier. Adapun metode pengujian validitas data yang digunakan adalah teknik triangulasi, yang selanjutnya data tersebut dianalisis menggunakan metode deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, terdapat 12 (dua belas) tahapan dalam pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang yaitu Persiapan,Penyuluhan,Pengumpulan data Yuridis,Pengolahan Data Yuridis dan Pembuktian Hak,Pemeriksaan Tanah,Pengumuman,Pengesahan,Penerbitan Surat Keputusan Penetapan Hak dan Keputusan Penegasan/Pengakuan Hak,Pembukuan Hak,Penerbitan dan penyerahan Sertipikat,Pengelolaan Dokumen,Pelaporan. Kedua, Terdapat tiga Problematika dalam pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) di Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang Pertama: Adanya Biaya Pajak atas Tanah PPh dan BPHTB yang belum dibayarkan atau terhutang. Kedua: kekurangan Sumber Daya Manusia, Sarana, dan Prasarana ketiga: Permasalahan mengenai Tanah Absentee, Kelebihan Maksimum, dan Tanah Terlantar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran tanah sitematik lengkap; sertifikat tanah; agraria
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:49
Last Modified: 07 Mar 2023 07:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19351

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics