Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli thrifting dengan sistem pembelian per-bal : study kasus di Pasar Gedebage Bandung

Litanzia, Wahyuaji Muhammad (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli thrifting dengan sistem pembelian per-bal : study kasus di Pasar Gedebage Bandung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036159_Wahyuaji M Litanzia_Full] Text (Skripsi_1502036159_Wahyuaji M Litanzia_Full)
1502036159_Wahyuaji M Litanzia_Full Skripsi - Wahyu Litanzia97.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui praktik jual beli thrifting yang ada di pasar Gedebage Bandung dan menjelaskan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli thrifting dengan sistem per-bal. data yang digunakan adalah data primer yaitu wawancara secara online dengan para pedagang dan pembeli yang ada di Pasar Gedebage Bandung serta data sekunder yang diperoleh dari Undang-undang, hasil karya ilmiah para sarjana, hasil-hasil penelitian, jurnal, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan adalah kualitatif yaitu dengan interview/wawancara dan dokumentasi, agar mampu mendapatkan informasi yang tepat antara teori yang di dapat dengan praktik yang ada di lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli thrifting dengan sistem per-bal di Pasar Gedebage Bandung tidak mengandung khianat, karena dari penjual (agen) telah menginformasikan dengan rinci keadaan barang sesuai kode bal, ditinjau dari prespektif hukum Islam praktik jual beli sistem bal di Pasar Gedebage Bandung dapat dikategorikan dalam jual beli gharar ringan (diperbolehkan), karena tidak menyebabkan konflik antara kedua belah pihak dan kedua belah pihak sudah memenuhi hak sebagai pelaku akad.
Kata kunci: Jual beli thrifting, sistem per-bal, hukum Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli thrifting; Sistem per-bal; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 11 Mar 2023 02:25
Last Modified: 11 Mar 2023 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19381

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics