Analisis pertimbangan hukum hakim pada putusan kasasi Mahkamah Agung Nomor 471 K/TUN/2021 terhadap diskriminasi penyandang disabilitas pada penerimaan CPNS Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019

Wasi’ah, Ardhiyatul (2022) Analisis pertimbangan hukum hakim pada putusan kasasi Mahkamah Agung Nomor 471 K/TUN/2021 terhadap diskriminasi penyandang disabilitas pada penerimaan CPNS Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1802056054_Ardhiyatul_Wasi’ah] Text (SKRIPSI_1802056054_Ardhiyatul_Wasi’ah)
1802056054_ARDHIYATUL WASI_AH_LENGKAP TUGAS AKHIR - Ardhiyatul Wasi`Ah UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penyandang disabilitas adalah seseorang yang mengalami keadaan dimana anggota jasmani, intelektual, atau mentalnya mnegalami gangguan atau ketidak fungsian sehingga dirinya tidak dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan mudah. Secara hukum, pemerintah telah mengatur terhadap perlindungan, penghormatan, dan pemenuhan hak para penyandang disabilitas karena mereka rawan mengalami perlakuan diskriminasi oleh oknum yang tidak memperhatikan kesetaraan hak asasi manusia. Seperti kasus yang dialami oleh Muhammad Baihaqi, seorang penyandang disabilitas netra terbukti telah mengalami diskriminasi pada penerimaan CPNS Daerah Provinsi Jawa Tengah tahun 2019, oleh panitia seleksi daerah. Sebagaimana tercantum pada pertimbangan hukum hakim pada putusan kasasi MA Nomor 471 K/TUN/2021, bahwa terhadap pengumuman hasil SKD CPNS Daerah Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 yang di setujui oleh Pj. Sekretaris Daerah Jawa Tengah selaku Ketua Tim Pengadaan CPNS Daerah Provinsi Jawa Tengah tahun 2019 yaitu keputusan adanya perbedaan jenis disabilitas pada penerimaan CPNS di Jawa Tengah tahun 2019 merupakan keputusan yang bertentangang dengan Pasal 26 Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas Jo. Pasal 16 Pergub Jawa Tengah Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Pelaksanaan Perda Provinsi Jawa Tengah Nomor 11 Tahun 2014 Tentang Pemenuhan Hak Penyandang disabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kronologi kasus Muhammad Baihaqi dari sejak pendaftaran CPNS, munculnya permasalahan dan upaya penyelesaian sengketa TUN yaitu upaya administratif hingga upaya peradilan, serta pertimbangan hukum hakim pada putusan MA Nomor 471 K/TUN/2021. Menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan pendekatan kasus. Hasilnya ada beberapa poin yang menjadi objek pertimbangan hakim adalah terhadap keputusan pengadilan tingkat pertama dan banding yang menyatakan gugatan telah kedaluwarsa merupakan pendapat yang keliru dan salah dalam menerapkan hukum, kemudian terhadap keputusan yang menyatakan Muhammad Baihaqi tidak lulus seleksi karena tidak memenuhi syarat merupakan keputusan yang bertentangan dengan Perda dan Pergub Jawa Tengah tentang pelaksanaan dan pemenuhan hak penyandang disabilitas pada bidang ketenagakerjaan, karena adanya bentuk diskriminasi berupa adanya syarat jenis disabilitas pada penerimaan CPNS Daerah Provninsi Jawa tengah tahun 2019. Oleh sebab itu, agar tidak terjadi kasus yang serupa, maka diharapkan pada pelaksanaan penerimaan CPNS selanjutnya penting untuk dilakukan sosialisasi secara masif di lingkungan pegawai pemerintahan, terutama panitia pelaksana penerimaan CPNS agar melaksanakan tugasnya sesuai aturan yang berlaku, adil, dan menyampaikan hasil penilaian secara objektif kepada para pelamar CPNS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hakim; disabilitas, CPNS; Jawa Tengah
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 344 Social, labor, welfare, and related law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Mar 2023 03:41
Last Modified: 11 Mar 2023 03:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19386

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics