Efektivitas rehabilitasi rawat jalan dalam mengatasi ketergantungan narkotika bagi penyalahguna narkoba : studi di Badan Narkotika Nasional Kabupaten Batang

Sabella, Arda Vida (2022) Efektivitas rehabilitasi rawat jalan dalam mengatasi ketergantungan narkotika bagi penyalahguna narkoba : studi di Badan Narkotika Nasional Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1902056087_Arda_Vida_Sabela] Text (SKRIPSI_1902056087_Arda_Vida_Sabela)
1902056087_Arda Vida Sabella_Lengkap Tugas Akhir - Arda Vida Sabella.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Telah terjadi overcapacity pada sebagaian besar lapas di Indonesia karena sebagian besar tersangka di dalam lapas adalah tersangka dari kasus narkotika, sehingga BNN Kabupaten Batang menerapkan rehabilitasi rawat jalan sebagai respon dari permasalahan tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini dilaksanakan di BNN Kabupaten Batang, untuk mengetahui pelaksanaan rehabilitasi rawat jalan di BNN Kabupaten Batang apakah berdasarkan Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 dan efektivitas rehabilitasi rawat jalan dalam mengatasi ketergantungan narkotika bagi penyalahguna narkoba.
Penelitian ini adalah penelitian hukum non doktrinal dengan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan berlakunya hukum. Data primer diperoleh dengan teknik wawancara. Selanjutnya data sekunder diperoleh berdasarkan dokumentasi terhadap jurnal yakni buku ilmiah, pendapat pakar dan literatur yang relevan. Kemudian data tersier diperoleh dari bahan yang mendukung data primer dan sekunder. Data-data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dalam bentuk kalimat-kalimat yang berisi penjelasan tentang penyelesaian permasalahan dalam penelitian ini.
Hasil temuan penelitian ini adalah pertama, pelaksanaan rehabilitasi rawat jalan telah berdasarkan Undang-Undang No. 35 tahun 2009, meskipun terdapat beberapa kendala yang salah satunya yakni dari pecandu atau penyalahguna narkoba yang diantaranya belum kooperatif. Kedua, efektivitas rehabilitasi rawat jalan sudah efektif tetapi dalam tanda petik yakni efektif bagi klien yang masih dalam tingkat ketergantungan rendah sampai sedang, efektif bagi klien yang selama proses rehabilitasi mendapat dukungan dari keluarga, dan efektif bagi klien yang memiliki keinginan untuk keluar dari lingkungan yang menjerumuskan mereka ke dalam narkotika.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi; rawat jalan; narkoba
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 345 Criminal law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74201 - Ilmu Hukum
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 11 Mar 2023 04:32
Last Modified: 11 Mar 2023 04:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19398

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics