Jual beli manfaat Youtube Premium di Twitter perspektif hukum Islam

Basri, Kana Achsan (2022) Jual beli manfaat Youtube Premium di Twitter perspektif hukum Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702036121_Kana_Achsan_Basri_Full] Text (Skripsi_1702036121_Kana_Achsan_Basri_Full)
1702036121_Kana_Achsan_Basri_Full_Skripsi - Mustaghfiroh 17.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Jual beli manfaat Youtube Premium di Twitter oleh akun @ninniys adalah suatu aktivitas muamalah yang transaksinya dilakukan secara online antara penjual dan pembeli diluar situs resmi, didasari kesepakatan oleh kedua belah pihak dengan memanfaatkan fasilitas jaringan internet, sekaligus sebagai terobosan baru di masa modern ini. Menjadi perlu untuk membahas jual beli manfaat Youtube Premium di Twitter oleh akun @ninniys, mengingat pentingnya bermuamalah secara sah sesuai rukun syarat yang beralaku, demi tegaknya kemaslahatan dengan cara yang halal.
Berdasarkan latar belakang masalah yang ditulis peneliti, maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah: Akad apakah yang digunakan dalam jual beli manfaat Youtube Premium di Twitter oleh akun @ninniys? dan bagaimanakah praktik jual beli manfaat Youtube Premium di Twitter oleh akun @ninniys dalam perspektif Hukum Islam?
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan akad yang digunakan dalam jual beli manfaat Youtube Premium di Twitter oleh akun @ninniys perspektif Hukum Islam. Jenis penelitian yang dipakai adalah field reseach dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan metode analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Sedangkan informan dalam penelitian ini meliputi; penjual manfaat Youtube Premium, dan pembeli sebagai penunjang.
Hasil analisis penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama: akad yang digunakan dalam jual beli manfaat Youtube Premium di Twitter oleh akun @ninniys merupakan akad ijarah. Kedua: praktik merupakan transaksi yang akadnya batal dan tidak sah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Youtube Premium; Twitter
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Mar 2023 06:24
Last Modified: 13 Mar 2023 06:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19411

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics