Tinjauan hukum Islam terhadap praktik monkey bisnis pada jual beli aset non fungible tokens

Nurfadila, Riska (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik monkey bisnis pada jual beli aset non fungible tokens. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1802036065_RISKA NURFADILA_Full] Text (Skripsi_1802036065_RISKA NURFADILA_Full)
1802036065_RISKA NURFADILA_Full Skripsi - Riska Nurfadila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya rekayasa harga pasar dalam sebuah jual beli marketplace digital. Rekayasa harga tersebut terjadi dalam jual beli aset NFT yang diawali dengan naiknya harga secara tiba-tiba. Hal ini, menyebabkan harga jual aset NFT naik berkali-kali lipat. Namun, selang beberapa bulan, kenaikan harga NFT tersebut mulai merangkak turun menuju kembali pada harga semula. Praktik rekayasa harga tersebut dikenal dengan sebutan praktik Monkey bisnis. Dari hal tersebut, menghasilkan rumusan masalah, yang pertama mengenai bagaimana praktik Monkey Bisnis pada jual beli aset Non Fungible Tokens. Kedua, bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik monkey bisnis pada jual beli aset Non Fungible Tokens.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research. Jenis penelitian yang digunakan non-doktrinal, dengan pendekatan penelitian yuridis-empiris yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dihasilkan dari data primer dan data sekunder yaitu, bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa praktik Monkey bisnis dan jual beli aset NFT dilakukan dengan cara Hype, Pump, and Dump terhadap harga jual aset NFT. Dengan praktik tersebut, pada akhirnya menyebabkan kerugian yang dirasakan oleh banyak pihak karena telah menginvestasikan uangnya terhadap aset NFT. Maka Jual beli tersebut diharamkan dikarenakan termasuk transaksi Bai’ Najasy yang mana terdapat rekayasa harga pada praktik Mokey Bisnis pada jual beli aset NFT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Jual beli; Mokey bisnis; NFT; Najasy
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 14 Mar 2023 01:19
Last Modified: 14 Mar 2023 01:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19436

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics