Tinjauan hukum Islam terhadap praktik arisan online : studi grup whatsapp Ghibah Arisol Mama Muda di Semarang

Wijayanti, Alfiyaa Ulfa (2022) Tinjauan hukum Islam terhadap praktik arisan online : studi grup whatsapp Ghibah Arisol Mama Muda di Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1902036174_Alfiyaa Ulfa W._Skripsi Lengkap] Text (Skripsi_1902036174_Alfiyaa Ulfa W._Skripsi Lengkap)
1902036174_Alfiyaa Ulfa W._Skripsi Lengkap - Ananta Ramadhani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Dalam mencukupi kebutuhan hidupnya banyak manusia yang menggunakan berabagai macam cara salah satunya adalah dengan cara arisan. Diketahui dalam prakteknya arisan menggunakan akad Qardh. Penulis melakukan penelitian ini dilatar belakangi dengan praktek arisan yang terjadi. Dalam prakteknya terdapat perbedaan pembayaran iuran setiap nomornya. Dalam hal ini anggota arisan mengeluarkan uang yang tidak seimbang antara uang yang didapat dan uang yang dibayarkan selama dua puluh dua kali putaran.Yang mengakibatkan anggota dengan nomor urut atas mendapatkan kerugian dan nomor urut bawah mendapatkan keuntungan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik arisan online pada grup Whatsapp Ghibah Arisol Mama Muda, dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang pelaksanaan arisan online pada grup Whatsapp Ghibah Arisol Mama Muda.Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian hukum yuridis empiris yang mana metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pendekatan case studies. Dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan dua temuan. Pertama, praktik arisan online pada grup Whatsapp Arisol Mama Muda , dilakukan dengan sistem menurun. Kedua, praktik arisan online pada grup Whatsapp Ghibah Arisol Mama Muda memang sudah memenuhi ketentuan syarat qardh dan rukun qardh yaitu adanya muqridh (pemberi hutang),muqdaridh (orang yang berhutang), muqtaradh (barang yang dihutangkan), sighat akad (perjanjian dua pihak yang berhutang). Namun, dalam perspektif hukum Islam termasuk Arisol Mama Muda tidak sah, karena di dalamnya terdapat unsur gharar dan dzalim.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arisan; Akad qardh; Riba; Arison Mama Muda
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 17 Mar 2023 10:08
Last Modified: 17 Mar 2023 10:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19466

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics