Pengaruh kehadiran bisnis ritel indomaret dan teknologi e-commerce terhadap pendapatan pedagang kelontong dalam perspektif ekonomi islam di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Gues Provinsi Aceh

Parawansa, Irma (2022) Pengaruh kehadiran bisnis ritel indomaret dan teknologi e-commerce terhadap pendapatan pedagang kelontong dalam perspektif ekonomi islam di Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Gues Provinsi Aceh. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026097_MUHAMMAD_SYARIF_MARZUKI] Text (SKRIPSI_1705026097_MUHAMMAD_SYARIF_MARZUKI)
1705026097_Muhammad Syarif Marzuki_Full Skripsi - Syarif Marzuki.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kehadiran Indomaret di Kecamatan Blangkejeren membawa dampak buruk bagi para pedagang kecil, terkhusus pada pemilik warung kelontong. Sebab, banyak konsumen lebih suka berbelanja di Indomaret dibanding warung kelontong, sehingga peritel tradisional kehilangan pelanggan, omset penjualan dan keuntungan akan semakin berkurang. Dan semenjak berkembangnya teknologi di bidang bisnis digital, pedagang kelontong kesulitan mendapatkan pembeli. Masyarakat lebih suka menggunakan Klik Indomaret untuk berbelanja dengan berbagai kemudahan, hanya dengan mendownload sebuah aplikasi, orang-orang sudah dapat berbelanja di rumah tanpa harus datang langsung ke toko. Hal ini tentu membuat pedagang kelontong kehilangan konsumen dan berakhir menurunnya pendapatan.
Penelitian ini merupakan penelitian yang dikategorikan penelitian lapangan (field research) bertujuan untuk menganalisis pengaruh bisnis ritel dan E-commerce Klik Indomaret terhadap pendapatan pedagang kelontong dalam perspektif Ekonomi Islam. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan sumber data primer yang diambil dengan cara menyebarkan kuesioner/wawancara dan data sekunder diperoleh dari suatu institusi daerah. Populasi penelitian dihitung menggunakan teknik Sampling Pusposive dengan jumlah sampel yang diteliti sebanyak 81 responden menggunakan rumus slovin. Sementara analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda yang menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Product and Service Solutions) versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bisnis ritel Indomaret berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang kelontong. Dari sisi perspektif Ekonomi Islam, persaingan antara pengusaha Indomaret dan pedagang kelontong di Kecamatan Blangkejeren tidak sah karena kehadiran Indomaret lebih banyak memunculkan kemudharatan (negatif) dibanding positifnya, dan jelas ini bertentangan dengan agama. Dan juga telah melanggar aturan daerah (Qonun) Kabupaten Gayo Lues yang telah ditetapkan pada tahun 2019 yang mana tidak diperbolehkan mendirikan Indomaret berdekatan dengan warung kelontong. (2) E-commerce Klik Indomaret berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan pedagang kelontong. Maka, dari sisi perspektif Ekonomi Islamnya E-commerce Klik Indomaret terhadap pendapatan pedagang kelontong sah-sah saja karena tidak ada persaingan di dalam usaha dan tidak melanggar aturan Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bisnis Ritel; Indomaret; E-commerce; Pendapatan Pedagang; Ekonomi Islam.
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Mar 2023 02:31
Last Modified: 14 Apr 2023 01:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19478

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics