Resepsi QS. Al-Baqarah ayat 67 : studi kasus sikap masyarakat Desa Mejobo Kudus yang masih menghindari menyembelih sapi

Prasetya, Irfan (2022) Resepsi QS. Al-Baqarah ayat 67 : studi kasus sikap masyarakat Desa Mejobo Kudus yang masih menghindari menyembelih sapi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1704026011_Irfan_Prasetya] Text (SKRIPSI_1704026011_Irfan_Prasetya)
1704026011_IRFAN PRASETYA_SKRIPSI FULL - Irfan Prasetya.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus untuk membahas tentang kajian pandangan, resepsi teologis dan sosiologis, serta sikap dalam studi kasus penghindaran menyembelih sapi di Desa Mejobo Kudus. Di dalam QS. Al-Baqarah ayat 67 dijelaskan bahwa sapi merupakan hewan yang halal untuk dimakan dan dijadikan hewan sesembelihan. Akan tetapi lokasi dari penelitian ini tidak serta merta menggunakan sapi sebagai hewan kurban, termasuk salah satunya di Desa Mejobo Kudus. Untuk itu, perlunya mengkaji lebih dalam dari studi kasus ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pandangan dan proses penerimaan oleh masyarakat Desa Mejobo Kudus.
Pada penelitian ini dibatasi oleh tiga hal, pertama bagaimana pandangan masyarakat Mejobo yang masih menghindari menyembelih sapi, bagaimana masyarakat Desa Mejobo meresepsi QS. Al-Baqarah ayat 67 secara teologis dan sosiologis, dan Bagaimana sikap masyarakat Desa Mejobo merespon masyarakat yang masih menghindari menyembelih sapi. bagaimana sikap masyarakat terhadap masyarakat Desa Mejobo yang masih menghindari menyembelih sapi.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan penelitian lapangan (field research) dan termasuk dalam metode penelitian kualitatif. Terdapat dua sumber data yan diambil dalam penelitian ini, yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer dari penelitian diambil dari hasil wawancara yang ditujukan kepada tokoh masyarakat, ulama’, serta masyarakat pada umumnya. Adapun sumber data sekundernya berasal dari literatur atau buku, jurnal, serta sumber lain yang relevan dengan tema penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa sikap masyarakat Desa Mejobo mengenai penghindaran menyembelih sapi dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. Sudut pandang masyarakat Mejobo terkait penghindaran menyembelih sapi membuahkan pandangan yang bervariatif, diantaranya yaitu sebagai syiar agama Islam, melatih sifat tepo seliro atau meminimalisir sifat intoleran, mengikuti perintah Allah SWT, menjaga tradisi yang telah diwarisi oleh Sunan Kudus, serta sebagai simbol persaudaraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sapi; Al Baqoroh; tafsir Al Qur'an; Kudus
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 20 Mar 2023 01:13
Last Modified: 20 Mar 2023 01:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19502

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics