Krisis eksistensialisme santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Mabrur Semarang : tinjauan eksistensialisme Albert Camus

Jaya, Saka Manggala (2022) Krisis eksistensialisme santri Pondok Pesantren Tahfidz Al-Mabrur Semarang : tinjauan eksistensialisme Albert Camus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704016093_Saka Manggala Jaya_Lengkap] Text (Skripsi_1704016093_Saka Manggala Jaya_Lengkap)
1704016093_Saka Manggala Jaya_Lengkap Tugas Akhir - Bang Ojiee.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Karya tulis ini berjudul “Krisis Eksistensialisme Santri Pondok Pesantren tahfidz Al-Mabrur, Tinjauan Eksistensialisme Albert Camus”. Penelitian ini berisi tentang kajian eksistensialis santri pondok pesantren tahfidz Al-Mabrur.
Fenomena yang terjadi remaja yang tinggal di pesantren memiliki tingkat depresi, kecemasan, stress lebih banyak dibanding dengan remaja yang tinggal di rumah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana krisis eksistensialisme yang dialami santri dan bagaimana eksistensialisme menurut Albert Camus dalam kasus santri Ponpes Tahfidz Al-Mabrur. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan sedangkan metode pengumpulan data menggunakan hasil observasi, wawancara serta dokumentasi. Penelitian ini bermaksud untuk menunjukkan bagaimana krisis eksistensialisme santri tahfidz Al-Mabrur. Penelitan terhadap eksistensialisme santri tahfidz Al-Mabrur tinjauan eksistensial Albert Camus memperoleh hasil sebagai berikut: (1). Absurditas yang dialami oleh santri tahfidz Al-Mabrur digambarkan dengan bentuk keterpaksaan, kesedihan, dan kegundahan. Ketiga bentuk ini merupakan gambaran yang dialami oleh santri Tahfidz Al-Mabrur. (2). Eksistensialisme santri digambarkan dalam bentuk pemberontakan yaitu dengan cara menerima keadaan yang menyikapi atau menghadapi keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan dan harapan dan solidaritas. Menghargai hak sesamanya dan menjadikan kepedulian atas eksistensi manusia. Solidaritas merupakan bentuk pemberontakan yang mana sikap solidaritas ini membuat manusia selalu termotivasi untuk menjalani setiap kesulitan yang dihadapinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Krisis; Eksistensialisme; Albert Camus; Santri; Al-Mabrur
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 May 2023 08:47
Last Modified: 02 May 2023 08:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19569

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics