Murtad dalam perspektif kebebasan manusia dan kehendak mutlak Tuhan : tinjauan pemikiran Qodariyah dan Jabariyah

Fitriani, Tuti Ida (2022) Murtad dalam perspektif kebebasan manusia dan kehendak mutlak Tuhan : tinjauan pemikiran Qodariyah dan Jabariyah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804016059-Tuti Ida Fitriani_Lengkap] Text (Skripsi_1804016059-Tuti Ida Fitriani_Lengkap)
Bagi 1804016059-tuti-skripsi lengkap pdf - Tuti ida Fitriani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Murtad bagi kebanyakan orang adalah sebuah tindakan tercela, yang sangat dilarang dan diharamkan khususnya bagi penganut agama Islam. Terlepas daripada itu tuntutan dalam hal agama adalah sebuah hak pribadi yang harus dihormati, apakah ia memilih untuk beragama atau tidak. Sama halnya ketika seseorang memilih keluar dari suatu agama dan berpindah ke agama lain, atau bahkan tidak ingin memiliki agama (Ateis).”
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Library Research atau studi kepustakaan. Sedangkan Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan History Sosiologis, atau pendekatan atas suatu metode pembahasan yang mendasarkan kepada masyarakat yang bersangkutan, menggunakan metode sejarah yaitu analisis peristiwa yang ada masa lalu dengan perumuskan prinsip yang umum.. Hal ini dilakukan untuk mengetahui murtad jika ditinjau dalam perspektif pemikiran Qodariyah dan Jabariyah. Dalam analisis ini seorang peneliti harus melihat corak berfikir paham tersebut agar dapat mengetahui landasan pemahaman tentang murtad dalam perspektif masing-masing paham.”
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa murtad dalam perspektif kebebasan manusia oleh paham Qodariyah, dengan landasan Al-Qur’an surat Al-Kahfi ayat 29, dalam ayat ini diterangkan bahwa seseorang memiliki kebebasan untuk memilih apakah ia ingin kafir atau beriman. Kemudia jika dilihat dalam perspektif kehendak mutlak Tuhan, Jabariyah mengacu pada Qur’an surat Al-An’am ayat 111, bahwasanya yang menentukan manusia untuk beriman atau kafir adalah Allah, bukan manusia itu sendiri. Selain daripada itu, sebab-sebab seseorang melakukan murtad selain hal diatas adalah factor himpitan ekonomi dan paksaan dari pihak lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Murtad; Kebebasan manusia; Qodariyah; Jabariyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.22 Humankind > 297.227 Free Will and Predestination (Qadha and Qadar)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:07
Last Modified: 10 Jul 2023 07:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19573

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics