Coping religious dan forgiveness pada anak yang mengalami kedukaan akibat kematian orang tuanya di masa pandemi covid-19

Utami, Novi (2022) Coping religious dan forgiveness pada anak yang mengalami kedukaan akibat kematian orang tuanya di masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1604046039_Novi Utami_Lengkap] Text (Skripsi_1604046039_Novi Utami_Lengkap)
1604046039-NOVI UTAMI-FULL-SKRIPSI - novi Utami.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan sejumlah permasalahan dalam kehidupan masyarakat dunia, tidak terkecuali pada masyarakat di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Peneliti menemukan bahwa terdapat sejumlah anak yang orang tuanya meninggal akibat Covid-19. Hal tersebut tentu menimbulkan kesedihan atau kedukaan yang mendalam.
Berlandaskan perihal itu, peneliti berupaya untuk mengungkap terkait kedukaan (grief) yang terjadi pada anak yang orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19 di lingkungan Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Kemudian, lebih lanjut, peneliti juga berupaya mengungkap terkait Coping Religious dan Forgiveness yang dilakukan oleh anak yang orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19 serta pengaruhnya terhadap penurunan kedukaan yang dialami.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan melibatkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang diperlukan. Penelitian ini dilaksanakan terhadap tiga narasumber pokok yang merupakan anak yang orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19 di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa coping religious dan forgiveness mampu menurunkan kedukaan ataupun kesedihan yang dialami oleh anak yang orang tuanya meninggal dunia akibat Covid-19. Adapun coping religious tersebut berbentuk aktivitas mendoakan kedua orang tua, memohon ampun (ber-istighfar), sholat tepat waktu dan lima waktu, berprasangka baik atas takdir yang telah ditetapkan (khusnudzon), membaca iqro’ dan Al-Qur’an. Kemudian, bentuk forgiveness yang dilaksanakan oleh para narasumber adalah penerimaan dan keikhlasan atas takdir walaupun pahit, keinginan untuk memaafkan kenyataan dan bangkit, serta melakukan hal-hal yang positif untuk kedua orang tuanya sebagai wujud berbakti.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Coping religious; Forgiveness; Meninggal dunia; Covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Apr 2023 06:24
Last Modified: 01 Apr 2023 06:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19587

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics