Amaliah dzikir untuk pembentukan kepribadian santri di Pondok Pesantren Wasilatul huda Gemuh Kendal

Chamdani, Imam Iqbal (2022) Amaliah dzikir untuk pembentukan kepribadian santri di Pondok Pesantren Wasilatul huda Gemuh Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704046046_Imam Iqbal Chamdani_Full] Text (Skripsi_1704046046_Imam Iqbal Chamdani_Full)
1704046046_Imam Iqbal Chamdani_Full Skripsi - prita diva iranatandika.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

Dzikir adalah kegiatan membaca bacaan sebagai wujud seorang hamba mengingat kepada Allah Swt. dengan mengharapkan segala rahmad dan kebesaran-Nya. Manfaat daripada seseorang umat mengucapkan dzikir akan diraih ketika dirinya bersungguh-sungguh mengingat Allah Swt. yaitu tidak hanya dengan lisannya, melainkan hatinya serta keseluruhan anggota tubuhnya mencerminkan amalan dari segala perintah Allah Swt. Urgensi tersebut mendorong pesantren asilatul Huda menerapkan amalan dzikir sebagai sebuah amalan atau kegiatan rutinan. Karya ilmiah ini berisi peneilitian dengan jenis penelitian kualitatif dengan menerapkan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta bentuk analisa berupa deskriptif analisis. Berdasarkan keseluruhan rangkaian kegiatan penelitian dengan hasilnya ditemukan bahwa implementasi dari amalan Dzikir signifikan dimana para santri mengikuti kegiatan amaliah Dzikir sebagai bekal mereka menjadi seorang insan muslim yang berusaha menjaga nafsani, rukhani dan jasmani sebagaimana perintah Allah Swt. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali sebanyak mungkin bagaimana sebenarnya amalan Dzikir mampu memberikan pada inividu pada rentan ysua remaja, terutama pada remaja yang tinggal di lingkungan pondok pesantren sebagai seorang santri. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya santri seperti pada umumnya anak seusia mereka yaitu berubah-ubah dan kadang melakukan kekeliruan, kesalahan. Akan tetapi kepribadian mereka cenderung memiliki tameng yaitu penjagaan diri dalam melakukan kemungkaran. Hal tersebut dikarenakan faktor kebiasaan Dzikir yang diterapkan dalam pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dzikir; Kepribadian; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 01 Apr 2023 07:10
Last Modified: 01 Apr 2023 07:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19591

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics