Praktik pembacaan Wirid Hizib Naṣor Al-A’da di Pondok Pesantren Darussalam Kunir Subang : kajian living Qur’an

Tanggela, Ulina (2022) Praktik pembacaan Wirid Hizib Naṣor Al-A’da di Pondok Pesantren Darussalam Kunir Subang : kajian living Qur’an. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1804026118_Ulina_Tanggela] Text (SKRIPSI_1804026118_Ulina_Tanggela)
1804026118_Ulina Tanggela_Full Skripsi - Ulina Tanggela.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji mengenai bagaimana praktik pembacaan wirid Hizib Naṣor al-A’da di pondok pesantren Darussalam Kunir Subang. Adapun praktik ini dilakukan setiap hari setelah melaksanakan ṣalat Magrib dan ṣalat Ṣubuh berjama’ah oleh santri pondok pesantren Darussalam Kunir. Terdapat makna-makna yang dalam yang terkandung dalam bacaan Hizib Naṣor al-A’da sehingga penulis ingin mencari tahu apa saja makna tersebut, kemudian melalui skripsi ini juga penulis ingin mencari tahu bagaimana latar belakang dilaksankannya pembacaan Hizib Nashor al-A’da, dan respon para santri terhadap praktik pembacaan ini.
Guna mencari jawaban atas rumusan masalah tersebut, penulis menggunakan jenis penelitian field research yakni dengan cara pengumpulan data di lapangan. Field research juga dikategorikan sebagai penelitian kualitatif deskriptif yang mana data-data dikumpulkan dari wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan di Pondok Pesantren Darussalam Kunir antara lain Hizib Naṣor al-A'da adalah wirid yang dibaca oleh santri setiap hari setelah ṣalat Magrib dan ṣalat Ṣubuh berjama’ah, adapun kegiatan ini diawali dengan membaca wirid, do’a setelah shalat fardhu, surat al-Taubah ayat 128-129 secara bersamaan (sesuai jenis kelamin santri) yang dipimpin oleh imam ketika shalat fardhu. Adapun pandangan yang lahir dari pembacaan Hizib Nashor al-A’da ini, pengasuh dan para santri meyakini bahwa Hizib Naṣor al-A’da bisa dijadikan sebagai benteng perlindungan diri, media dzikir, dan dapat menyembuhkan penyakit batin (dengan izin Allah swt).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hizib nasor al-A’da; living Qur’an; Pondok Pesantren Darussalam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76231 - Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 Apr 2023 07:58
Last Modified: 06 Apr 2023 07:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19617

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics