Pengembangan game edutainment berbasis android untuk meningkatkan kemampuan calon guru matematika

Romadiastri, Yulia and Mujiasih, Mujiasih and Nisa, Astri Cahyaning Choirun (2021) Pengembangan game edutainment berbasis android untuk meningkatkan kemampuan calon guru matematika. Project Report. Fakultas Sanis dan Teknologi (SAINTEK), Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Penelitian 2020 Yulia] Text (Laporan Penelitian 2020 Yulia)
LAP. PENEL. 2021_Yulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Teknologi merupakan aspek yang secara terus menerus akan mengalami perkembangan dan perubahan. Perkembangan teknologi telah menghadirkan beberapa pilihan media pembelajaran unik,kreatif dan inovatif yang dapat digunakan dalam proses belajar. Selain menjadi sebuah tantangan, melibatkan media pembelajaran yang inovatif dan kreatif juga memberikan peluang bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Salah satu media inovatif dan kreatif adalah media yang menyisipkan unsur game didalamnya. Penelitian ini akan terfokus pada penelitian pengembangan media game edutainment yang dapat digunakan pada smartphone (Android). Pengembangan media dilakukan dengan mengadaptasi model ADDIE yang memuat lima (5) tahap yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Selanjutnya dilakukan analisis kuantitatif deskriptif untuk meninjau kelayakan media. Hasil analisis menunjukan bahwa game BM edutainment layak sebagai media belajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Game edutainment; Kemampuan pemecahan masalah; Masalah matematis
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:28
Last Modified: 10 Apr 2023 07:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19639

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics