Pengembangan bahan ajar bilingual : pengantar dasar matematika berbasis unity of sciences dan local wisdom

Romadiastri, Yulia (2019) Pengembangan bahan ajar bilingual : pengantar dasar matematika berbasis unity of sciences dan local wisdom. Project Report. Fakultas Sanis dan Teknologi (SAINTEK), Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Lap Penelitian 2019 Yulia] Text (Lap Penelitian 2019 Yulia)
Lap Penelitian 2019 Yulia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar bilingual Pengantar Dasar Matematika berbasis unity of sciences dan
local wisdom untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa yang valid. Penelitian ini dirancang dengan model pengembangan versi ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation).
Hasil validasi ahli, bahan ajar bilingual Pengantar Dasar Matematika berbasis unity of sciences dan local wisdom mendapatkan kriteria valid dengan skor rata-rata untuk empat validator sebesar 4,1225. Dengan persentase kepraktisan sebesar 82,14% maka buku ajar dinyatakan praktis dengan rata-rata 3,28.
Berdasarkan analisis hasil tes pemahaman konsep yang diperoleh, diketahui terjadi peningkatan untuk pemahaman konsep mahasiswa sebelum pembelajaran dan setelah
pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar bilingual Pengantar Dasar Matematika berbasis unity of sciences dan local wisdom. Peningkatannya sebesar 30,26% yaitu dari 34,72% ke 64,96%. Sedangkan perolehan skor n-gain yaitu 0,304 masuk dalam kriteria sedang (Hake, 1998). Hal itu menunjukkan bahwa ada peningkatan pemahaman konsep mahasiswa sebelum dan setelah perkuliahan. Diperoleh bahwa bahan ajar bilingual Pengantar Dasar Matematika berbasis unity ofsciences dan local wisdom efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.
Dari hasil pembahasan, diperoleh bahwa bahan ajar bilingual Pengantar Dasar Matematika berbasis unity of sciences dan local wisdom dikatakan valid, praktis dan efektif sehingga dapat dipakai untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar bilingual; Unity of Science; Local wisdom
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Apr 2023 07:46
Last Modified: 10 Apr 2023 07:46
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19658

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics