Penguatan pemodelan rasch untuk penilaian yang obyektif dan Adil (OBAD) bagi guru kimia

Suwahono, Suwahono and Roudloh, Dewi Muthiatur (2022) Penguatan pemodelan rasch untuk penilaian yang obyektif dan Adil (OBAD) bagi guru kimia. Project Report. Fakultas Sanis dan Teknologi (SAINTEK), Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of Laporan Pengabdian 2022_Suwahono] Text (Laporan Pengabdian 2022_Suwahono)
Laporan Pengabdian 2022_suwahono.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Upaya meningkatkan kompetensi pembelajaran kimia, maka diperlukan berbagai terobosan, baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, media pembelajaran dan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan. Untuk meningkatkan prestasi belajar siswa maka guru dituntut untuk membuat penilaian yang adil.
Pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) kompetensi profesional bidang paedagogi point ke 7 tentang Guru melaksanakan penilaian dengan berbagai teknik dan jenis penilaian, selain penilaian formal yang dilaksanakan sekolah, dan mengumumkan hasil serta implikasinya kepada peserta didik, tentang tingkat pemahaman terhadap materi pembelajaran yang telah dan akan dipelajari yang dimiliki guru kimia di madrasah kecamatan Mranggen (2) upaya pengembangan kompetensi
profesional sub bidang penilaian bagi guru kimia di madrasah kecamatan Mranggen .
Pengabdian ini merupakan Pengabdian bersifat partisipasif dengan pengolahan hasil secara kuantitatif deskriptif dengan satu variabel yaitu kompetensi profesional penilaian guru. Lokasi Pengabdian di Madrasah Kecamatan Mranggen . Parisipasi pengabdian ini sejumlah 9 orang guru aktif kimia. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup dan terbuka. Validitas data menggunakan validitas isi. Reliabilitas data menggunakan teknik Croncbach’s Alpha. Teknik analisis data
4 menggunakan rumus persentase untuk mengetahui pencapaian setiap komponen melalui data statistik. Hasil Pengabdian sebagai berikut; (1) kompetensi profesional yang dimiliki guru guru kimia di madrasah kecamatan Mranggen rata-rata berkategori sangat baik, namun pekegunaanan teknologi informasi (software) sangat kurang
bahkan belum pernah dilakukan, (2) upaya pengembangan kompetensi profesional yang telah dilakukan dalam pengabdian ini dilakukan melalui penjelasan pelatihan, pendampingan dan pengabdian dan pendampingan hingga pekegunaanan produk.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pemodelan rasch; Pendampingan; Pengabdian
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 02 May 2023 07:20
Last Modified: 02 May 2023 07:20
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19671

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics