Integrasi pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ungaran

Achmad, Chusnul Adib and Fitriani, Nurfausiah (2022) Integrasi pendidikan lingkungan hidup berbasis kearifan lokal di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ungaran. Documentation. LP2M Uin Walisongo Semarang, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of Chusnul_Adib_Achmad_Laporan_Penelitian] Text (Chusnul_Adib_Achmad_Laporan_Penelitian)
Laporan Akhir_Finish cetak lengkap_pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Proses pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri dari input, proses dan output. Input merupakan peserta didik yang akan melaksanakan aktivitas belajar, proses merupakan kegiatan dari belajar mengajar sedangkan output merupakan hasil dari proses yang dilaksanakan. Proses pendidikan diperoleh melalui pendidikan di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Anak yang terdidik baik oleh lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat menunjukkan identitas pribadi melalui karakter yang cerdas, sopan serta menghargai orang dan lingkungan mereka. Penguatan pendidikan karakter dapat dilakukan melalui internalisasi nilai karakter bangsa dalam kegaiatan belajar mengajar di pendidikan formal dan informal. Penguatan pendidikan karater dalam proses pembelajaran dapat dengan mudah dilakukan melalui pengintegrasian yang sering sekali bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Pendidikan lingkungan hidup dapat diintegrasikan pada kurikulum merdeka dengan cara menyusun RPP setiap mata pelajaran berbasis Pendidikan lingkungan hidup. Pendidikan lingkungan hidup menjadi lebih aplikatif dengan adanya potensi kearifan lokal pada institusi pendidikan. Penyusunan RPP lingkungan hidup berbasis kearifan lokal di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Ungaran menjadi karakteristik bagi instansi tersebut.

Item Type: Monograph (Documentation)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan; lingkungan hidup; kearifan lokal; RPP
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 11 Apr 2023 03:27
Last Modified: 11 Apr 2023 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19674

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics