Pengembangan item bank asesmen literasi kimia berdasarkan kerangka acuan rasch model
Suwahono, Suwahono and Mufidah, Mufidah (2021) Pengembangan item bank asesmen literasi kimia berdasarkan kerangka acuan rasch model. Project Report. Fakultas Sanis dan Teknologi (SAINTEK), Semarang. (Unpublished)
Laporan Penelitian 2021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: (1) menghasilkan yang Item Bank Asesmen Literasi Kimia Berdasarkan Kerangka Acuan Rasch Model layak, efektif dan praktis;
(2) mengidentifikasi keberfungsian produk; (3) mengetahui karakteristik produk sesuai kerangka acuan model Rasch.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design, Development dan dissemination). Proses pengembangan diawali pendefinisian masalah, perancangan item soal, pengembangan terdiri atas uji teoritis (telaah pakar), uji pra-empiris (forum diskusi menuju uji empiris). Uji di perluas dilaksanakan di MGMP guru Kimia di Kabupaten Grobogan. Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk riset awal, dan berdasarkan kerangka acuan model Rasch, meliputi: uji skala Guttman, unidimensionalitas, indeks separasi, indeks kecocokan butir, indeks Andrich Threshold, indeks ukuran korelasi titik, keberfungsian butir, ketajaman penilai dan indeks kesepakatan penilai terhadap kelayakan, keefektifan dan kepraktisan produk. Item-item produk yang dikembangkan dikembangkan layak dengan nilai indeks
kesepakatan ahli berdasarkan model Rasch berkisar antara 51,2% s.d. 59,2% serta indeks separasi 0,33 s.d. 0,6. Hasil uji empiris unidimensionalitas produk berdasarkan kerangka acuan model Rasch memiliki nilai 54,3% (bagus) s.d. 73,8% iv (istimewa). Butir-butir pengukur literasi kimia yang dikembangkan cocok dengan kerangka acuan Rasch Model. Item-item literasi kimia yang dikembangkan secara empiris efektif dan praktis sesuai dengan kerangka acuan Rasch Model
Item Type: | Monograph (Project Report) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi kimia; Kerangka acuan; Rasch model |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Laporan Penelitian (Research Reports) |
Depositing User: | Fahrurozi Fahrurozi |
Date Deposited: | 02 May 2023 08:46 |
Last Modified: | 02 May 2023 08:46 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19675 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year