Implementation of cooperative script method through lesson study to improve collaboration and communication skills

Astutik, Fuji (2022) Implementation of cooperative script method through lesson study to improve collaboration and communication skills. Discussion Paper. Fakultas Sains Dan Teknologi. (Unpublished)

[thumbnail of DISCUSSION_PAPER_Fuji_Astutik] Text (DISCUSSION_PAPER_Fuji_Astutik)
COOPERATIVE SCRIPT FUJI ASTUTIKK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (313kB)

Abstract

Keaktifan dan peran serta mahasiswa secara menyeluruh dalam proses pembelajaran penting untuk dikembangkan dalam rangka penyiapan lulusan perguruan tinggi yang mampu menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dan permasalahan maupun tantangan yang mungkin muncul di lingkungan. Hal tersebut membutuhkan keterampilan kolaborasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan metode cooperative script melalui lesson study dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa dan (2) penerapan metode cooperative script melalui lesson study dalam meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan melalui lesson study yang dilaksanakan dalam 4 siklus. Data penelitian yang diperoleh berupa temuan hasil observasi dan angka-angka yang selanjutnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan metode cooperative script melalui lesson study dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi mahasiswa. Persentase keterampilan melalui self-assessment pada dua siklus 1 dan 2 adalah 81.25% dan 88.54%, sedangkan persentase keterampilan kolaborasi hasil pengamatan observer pada dua siklus 1 dan 2 adalah 81.25% dan 93.75%. (2) Penerapan metode cooperative script melalui lesson study dapat meningkatkan keterampilan komunikasi mahasiswa. Persentase keterampilan komunikasi peer-assessment pada dua siklus 1 dan 2 adalah 76.9% dan 78.81%, persentase keterampilan komunikasi self-assessment pada dua siklus 1 dan 2 adalah 73.89% dan 77.46%, dan , persentase keterampilan komunikasi hasil pengamatan observer saat presentasi pada dua siklus 1 dan 2 adalah 69.14% dan 79.78%

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Uncontrolled Keywords: Cooperative script; lesson study; keterampilan kolaborasi; keterampilan komunikasi
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Makalah tidak diterbitkan (Unpublished papers)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:05
Last Modified: 12 Apr 2023 07:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19718

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics