Humanisme dalam wacana teologi Islam : reformulasi epistemologis menuju teoantropologi Islam

Amin, Nasihun (2015) Humanisme dalam wacana teologi Islam : reformulasi epistemologis menuju teoantropologi Islam. Project Report. LP2M UIN Walisongo, Semarang. (Unpublished)

[thumbnail of NASIHUN_AMIN - LAPORAN PENELITIAN WACANA HUMANISME] Text (NASIHUN_AMIN - LAPORAN PENELITIAN WACANA HUMANISME)
NASIHUN_AMIN - LAPORAN PENELITIAN WACANA HUMANISME.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha memotret mengenai humanism dalam wacana teologi Islam. Hal ini dilakukan sebagai bentuk hurnanisasi ilmu-ilmu keislaman karena selama ini ilmu-ilmu keislaman dipandang sangat melangit sehingga tidak akrab dengan persoalan-persoalan kehidupan riil manusia. Salah satu contoh konkretnya adalah mengenai teologi (ilmu kalam).
Beberapa persoalan pokok yang hendak dijawab adalah apakah teologi Islam memberikan kontribusi bagi humanisme? Konsep-konsep apa saja yang bisa diidentifikasi sebagai aspek humanisme dalam teologi Islam dan bagaimana memahaminya?
Untuk menganalisis data yang telah terkumpul, peneliti menggunakan metode historis dan deskriptif-analitis. Kedua Pendekatan dipakai karena, peneliti berasumsi bahwa, pemahaman dan pelontaran term-term dan konsep-konsep teologis yang lahir dan berkembang tidak semata-mata teologis tetapi melibatkan perangkat-perangkat sosiologis. Untuk mengemban gkan konsep, peneliti menggunakan pola pikir reflektif. Pola pikir ini dimaksudkan untuk merekonstruksi konsep dalam konteks sosial.
Adapun temuan penelitian ini menunjukkan bahwa teologi Islam telah memberikan kontribusi dalam pemunculan konsep humanism. Hal ini terlihat pada konseptualisasi yang dilakukan, baik oleh para teolog klasik maupun teolog kontemporer. Ini Secara historis, jauh sebelum Barat mengonsepkan humanism yang berporos pada otonomi manusia, Mutazilah telah memperkenalkan hakekat dan konsep diri manusia dengan memberikan tekanan yang sangat kuat pada kebebasan manusia yang secara otonom bisa digunakan untuk menentukan sendiri perj alanan kehidupannya. Demikian pula, para teolog kontemporer yang transformative sifatnya dengan melahirkan sebuah konstruk baru teologi yaitu teo-antropologi yang teoantroposentris. Melalui ini akhimya , Teologi Islam menyodorkan model humanism yang tidak terlepas dari peran yang Tuhan.
Rekonstruksi yang dilakukan oleh para teolog kontemporer adalah melalui reinterpretasi terhadap berbagai terma dalam teologi. Beberapa terma yang menj adi konsep kunci yang bersifat humanistik adalah tauhid, syirik, iman, kufr, wujud, qidam, baqa, mukhalafatu lil hawaditsi, qiyamuhu binafsihi. Konsep-konsep ini secara keseluruhannya dimaknai secara kernanusiaan. Hal ini menujukkan bahwa ada upaya untuk memindahkan dari pusat orientasi god-centered ke god and human-centered.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Humanisme; Teologi Islam; Reformulasi; Epistemologis; Teoantropologi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam
300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 13 Apr 2023 14:01
Last Modified: 13 Apr 2023 14:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19741

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics