Pengaruh tingkat pengetahuan dan sistem akuntansi terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa (studi kasus pada Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh)

Asnawi, Rizka Azkia (2022) Pengaruh tingkat pengetahuan dan sistem akuntansi terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa (studi kasus pada Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046001_RIZKI_AZKA_ASNAWI] Text (SKRIPSI_1705046001_RIZKI_AZKA_ASNAWI)
1705046001_RIZKA AZKIA ASNAWI_FULL SKRIPSI - Rizka Azkia.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pengetahuan keuangan atau literasi keuangan merupakan seperangkat pengetahuan dan keterampilan masyarakat dalam membuat keputusan yang bijaksana secara efektif dengan memanfaatkan seluruh sumber daya keuangan yang dimiliki. Sistem akuntansi yang relevan dan transparan akan mempengaruhi akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Kota Banda Aceh merupakan daerah istimewa yang menerima pemberlakuan otonomi khusus dari pemerintahan. Terdiri dari 9 kecamatan dengan jumlah penduduk sebanyak 265.111 jiwa. Pada tahun 2021 Kota Banda Aceh menerima alokasi dana sebesar 823 milyar rupiah untuk pembangunan desa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan dan sistem akuntansi terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Pada penelitian ini teknik yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Data yang digunakan bersumber dari kuesioner yang diolah menggunakan IBM Statistics SPSS Versi 22. Populasi pada penelitian ini adalah desa-desa di Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Sampel penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling yaitu kepala desa, sekretaris desa dan bagian keuangan desa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti sesuai dengan indikator penelitian bahwa variabel tingkat pengetahuan berpengaruh secara signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, variabel sistem akuntansi berpengaruh secara signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa, serta variabel tingkat pengetahuan dan sistem akuntansi secara bersamaan berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan desa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tingkat pengetahuan; Sistem Akuntansi; Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 14 Apr 2023 09:36
Last Modified: 18 Apr 2023 03:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19764

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics