Pengaruh ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit, profitabilitas, likuiditas dan surat berharga syariah dalam pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2016-2020

Ramadhanty, Early Maya (2022) Pengaruh ukuran dewan komisaris, ukuran komite audit, profitabilitas, likuiditas dan surat berharga syariah dalam pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) Tahun 2016-2020. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705046024_EARLY_MAYA_RAMADHANTY] Text (SKRIPSI_1705046024_EARLY_MAYA_RAMADHANTY)
1705046024_Early Maya Ramadhanty_Lengkap Tugas Akhir - Early Maya Ramadhanty.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Dalam menjalankan kegiatan usahanya perusahaan mempunyai kewajiban untuk melakukan pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap pemangku kepentingan dan lingkungan sekitar perusahaan. Islamic Social Reporting (ISR) merupakan Indeks pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap para stakeholder melalui berbagai kegiatan yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. ISR yang dikembangkan oleh Accounting and Auditing Organization of Islamic Financial Institution (AAOIFI) dengan menggunakan 6 tema Indeks ISR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fakta terkait faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada perusahaan yang terdaftar dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan software SPSS 26.0. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dari laporan tahunan (annual report) periode 2016-2020 pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI). Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 126 perusahaan yang dijadikan sampel. Analisis data dilakukan dengan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR, ukuran komite audit tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR, likuiditas tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR dan surat berharga syariah berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan ISR.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Ukuran Dewan Komisaris; Ukuran Komite Audit; Profitabilitas; Likuiditas; Surat Berharga Syariah; Islamic Social Reporting (ISR); Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI).
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 14 Apr 2023 10:02
Last Modified: 14 Apr 2023 10:02
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19767

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics