Rancang bangun aplikasi augmented reality gedung sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo berbasis Android

Azzam, Abdulloh (2022) Rancang bangun aplikasi augmented reality gedung sains dan teknologi Universitas Islam Negeri Walisongo berbasis Android. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1808096004_Abdulloh_Azzam] Text (Skripsi_1808096004_Abdulloh_Azzam)
Skripsi_1808096004_Abdulloh_Azzam.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan teknologi dalam penyampaian informasi sangat pesat. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi adalah Augmented Reality. Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi (2D) atau tiga dimensi (3D) ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu menampilkan objek-objek virtual tersebut secara real time. Sebagai media informasi, dapat memanfaatkan teknologi Augmented Reality untuk pengenalan Gedung utama Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Denah Gedung utama FST yang digunakan saat ini menggunakan Printer Metromedia Technologies (MMT). Oleh karena itu peneliti merancang dan membangun aplikasi berbasis Android yang memanfaatkan Augmented Reality yang dapat memvisualkan Gedung utama FST dan denah Gedung Utama FST secara 3D untuk memperkenalkan Gedung utama FST dan memudahkan mahasiswa dalam mencari ruangan pada Gedung Utama FST. Pengembangan aplikasi ini menggunakan metode waterfall. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukan aplikasi AR yang dibuat ini dalam memvisualisasikan Gedung FST UIN Walisongo Semarang berhasil dengan baik. Hasil validasi aplikasi oleh ahli menunjukan sebesar 98,46% yang berkategori sangat layak. Pengujian aplikasi menggunakan metode User Acceptance Test (UAT) pada mahasiswa Teknologi Informasi UIN Walisongo angkatan 2021, aplikasi mendapatkan hasil sangat layak untuk digunakan dengan persentase 92,06%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Augmented reality; Rancang bangun; Gedung; Android
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 005 Computer programming, programs, data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 59201 - Teknologi Informasi
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 15 Apr 2023 04:48
Last Modified: 15 Apr 2023 04:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19777

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics