Pengembangan media listrik statis vlab berbasis adobe animate untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IX SMP.

Ikbal, Ikbal (2023) Pengembangan media listrik statis vlab berbasis adobe animate untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas IX SMP. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708066001_Ikbal] Text (SKRIPSI_1708066001_Ikbal)
1708066001_Ikbal_Full_Skripsi - IKBAL.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media Listrik Statis VLAB berbasis Adobe Animate untuk menguji kelayakan dan mengetahui tanggapan siswa terhadap media Listrik Statis VLAB. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Borg & Gall yang dibatasi sampai tahap main product revision. Instrumen penilaian disusun berdasarkan kriteria siswa dengan bahasa yang mudah dipahami. Uji coba dilakukan pada siswa kelas IX SMP Teuku Umar Semarang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan angket. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa media Listrik Statis VLAB berbasis Adobe Animate yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian validasi ahli materi dan ahli media dengan persentase masing-masing sebesar 88,56% dan 91,10% kriteria sangat layak. UJi coba pengembangan secara terbatas diperoleh persentase tanggapan siswa sebesar 73,60% kriteria baik dan keterampilan berpikir kreatif memperoleh persentase sebesar 73,33% kategori berkembang mulai tumbuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Listrik statis VLAB; adobe animate; siswa SMP
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:13
Last Modified: 17 Apr 2023 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19785

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics