Pengembangan lkpd berbasis model SSCS pada alat optik sederhana sebagai sumber belajar alternatif di SMP Islam Al Kautsar Kota Semarang untuk peserta didik kelas VIII

Suherman, Nandina Khoiriyyah (2022) Pengembangan lkpd berbasis model SSCS pada alat optik sederhana sebagai sumber belajar alternatif di SMP Islam Al Kautsar Kota Semarang untuk peserta didik kelas VIII. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1708066030_NAndina_Khoiriyyah] Text (SKRIPSI_1708066030_NAndina_Khoiriyyah)
1708066030_Nandina_lengkap tugas akhir - Nandina Khoiriyyah S..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kualitas produk LKPD berbasis SSCS (search, solve, create and share) pada pembuatan alat optik sederhana sebagai sumber belajar alternatif dengan sampel sebanyak 37 peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4-D(Define, Design, Development and Disseminate). Produk yang dikembangkan merupakan LKPD yang dikembangkan menggunakan model pembelajaran SSCS yang meliputi lembar wawancara, lembar kuesioner analisis kebutuhan dan lembar kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk LKPD memiliki kriteria yang baik dengan persentase kelayakan oleh ahli media sebesar 89% termasuk dalam kategori sangat valid, sedangkan oleh ahli materi memperoleh persentase nilai sebesar 92,18% yang termasuk dalam kriteria sangat valid. Hasil uji skala kecil terbatas oleh peserta didik pada aspek materi sebesar 81%, aspek kebahasaan sebesar 86% dan aspek kegrafikan sebesar 86% yang masing masing aspek termasuk dalam kategori sangat baik. Sehingga LKPD berbasis SSCS dapat disimpulkan sangat valid dan layak digunakan sebagai sumber belajar alternatif untuk peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, LKPD, SSCS
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics > 531 Classical mechanics Solid mechanics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 17 Apr 2023 03:42
Last Modified: 17 Apr 2023 03:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19787

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics