Inovasi modul pembelajaran biologi terintegrasi problem based learning dilengkapi dengan tes diagnostik multiple choice two tier pada materi sistem ekskresi manusia di SMP

Mardiani, Retma and Khoiri, Nur and Norra, Bunga Ihda (2020) Inovasi modul pembelajaran biologi terintegrasi problem based learning dilengkapi dengan tes diagnostik multiple choice two tier pada materi sistem ekskresi manusia di SMP. Bioeduca: Jurnal Pendidikan Biologi, 2 (2). pp. 1-11. ISSN 2714-8009 (print); 2715-7490 (online)

[thumbnail of Inovasi modul pembelajaran biologi terintegrasi problem based learning-Jurnal Bioeduca] Text (Inovasi modul pembelajaran biologi terintegrasi problem based learning-Jurnal Bioeduca)
Inovasi modul pembelajaran biologi terintegrasi problem based learning-Jurnal Bioeduca.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (923kB)
Official URL: https://journal.walisongo.ac.id/index.php/BIOEDUCA...

Abstract

Kurangnya bahan ajar menyebabkan kuarangnya pemahaman peserta didik pada materi. Sehingga peneliti mengembangkan bahan ajar mandiri yang berupa modul pembelajaran biologi terintegrasi problem based learning dilengkapi dengan tes diagnostik multiple choice two tier pada materi sistem ekskresi manusia untuk siswa kelas VIII SMP N 1 Boja. Jenis penelitian research and development (R&D) mengacu pada model pengembangan Sugiyono (2015) yang dimodifikasi oleh peneliti. Hasil Penilaian validasi modul ahli materi 96%, ahli media 83%, ahli instrumen 89% dan guru IPA biologi 97%. Kelayakan modul juga dapat dinilai dari hasil tanggapan siswa kelas kecil 93,33%. untuk kelas besar, uji kelayakan modul dengan cara perbandingan hasil pre-test (68%) dan post-test (88%). dapat dikatakan bahwa modul yang dikembangkan sangat layak. Hasil tingkat miskonsepsi pre-test memperoleh pemahaman 72%, miskonsepsi 4%, menebak 2% dan tidak paham 22%. Sedangkan hasil miskonsepsi post-test pemahaman 91%, miskonsepsi 3%, menebak 1% dan ketidak pahaman 5%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Modul; Problem based learning; Sistem ekskresi manusia; Tes diagnostik multiple choice two tier
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Artikel Jurnal (Journal Articles)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Apr 2023 02:33
Last Modified: 18 Apr 2023 02:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19808

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics