Laporan penelitian individu : analisis fisika dalam permainan tradisional Jawa dengan pendekatan etnosains

Fadllan, Andi (2015) Laporan penelitian individu : analisis fisika dalam permainan tradisional Jawa dengan pendekatan etnosains. Project Report. LP2M UIN Walisongo Semarang, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of ANDI_FADLAN_2015_LAPORAN_PENELITIAN] Text (ANDI_FADLAN_2015_LAPORAN_PENELITIAN)
2015_Laporan Penelitian ANALISIS FISIKA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL JAWA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis permainan tradisional Jawa yang mengandung unsur sains, khususnya konsep-konsep fisika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin jarangnya permainan tardisional Jawa dimainkan oleh anak-anak dan orang dewasa. Padahal permainan tersebut tidak hanya mengandung nilai hiburan, tetapi juga nilai moral, nilai sosial, nilai pendidikan, dan nilai sains. Nilai sains ini dipahami sedikit oleh masyarakat Jawa. Umumnya mereka hanya mengikuti penjelasan atau cara-cara yang dilakukan oleh pendahulunya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnosains. Data penelitian diperoleh melalui teknik dokumentasi dan observasi dengan analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yang meliputi tiga jalur analisis, yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/ verification (penarikan kesimpulan).
Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa, 1) Hampir semua permainan tradisional Jawa yang menggunakan media bantu mengandung unsur sains, di samping unsur hiburan dan pendidikan. Beberapa permainan tersebut di antaranya: plinthengan (ketapel), jangkungan (egrang), gasingan (gasing), bekelan, engklek, tulupan, dan benthik (patil lele); 2) Beberapa konsep fisika dalam permainan tradisional Jawa, di antaranya: (a) Plinthengan (ketapel) yang mengandung konsep tentang hukum Hooke dan elastisitas, hukum III Newton (hukum aksi-reaksi), kerja dan energi, hukum konservasi energi, dan gerak peluru; (b) Gasingan (gasing), mangdung konsep energi kinetik, momen inersia, momentum sudut, dan momen gaya; dan (c) Jangkungan (egrang) yang mengandung konsep keseimbangan dan titik berat.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Permainan tradisional Jawa; Fisika; Etnosains
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 394 General customs
500 Natural sciences and mathematics > 530 Physics
Divisions: Laporan Penelitian (Research Reports)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 05 May 2023 01:04
Last Modified: 05 May 2023 01:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19827

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics