Implementasi standar operasional prosedur (SOP) dalam pelayanan bimbingan manasik haji pada masa pandemi Covid-19 Di KBIH Al-Haromain Kota Tegal

Anggita, Dinda (2022) Implementasi standar operasional prosedur (SOP) dalam pelayanan bimbingan manasik haji pada masa pandemi Covid-19 Di KBIH Al-Haromain Kota Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1801056002_Dinda_Anggita] Text (SKRIPSI_1801056002_Dinda_Anggita)
1801056002_Dinda Anggita_Lengkap Tugas Akhir - Dinda Anggita UIN Walisongo.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Bimbingan Manasik Ibadah Haji bertujuan untuk menciptakan pengalaman ibadah mandiri bagi setiap calon jemaah haji. Kehadiran wabah Covid-19 memaksa masyarakat untuk menjaga jarak sosial dan sedikit membatasi manasik haji, oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana SOP Pelayanan Bimbingan manasik haji yang dilaksanakan selama Covid-19 di KBIH Al-Haromian Kota Tegal.
Penelitian yang digunakan penulis menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif dari orang-orang berupa kata-kata tertulis atau lisan dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini diawali dengan proses observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi.
Dari temuan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemerintah pusat telah membuat rancangan SOP tentang manasik haji menjadi 3 Model bimbingan. Penyelenggaraan Bimbingan manasik haji di KBIH Al-Haromian dilakukan secara online dan dilaksanakan sesuai kebijakan pemerintah dengan menegedepankan Standar Pelayanan dalam setiap prosesnya. KBIH Al-Haromian juga melakukan manasik melalui aplikasi Zoom dan aplikasi WhatsApp yang mendukung pelayanan yang maksimal tentunya dalam pelaksanaan bimbingan manasik haji masa pandemic Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: SOP pelayanan; manasik haji; BIH Al-Haromain
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 May 2023 01:52
Last Modified: 06 May 2023 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19837

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics