Optimalisasi penggunaan nilai manfaat dana haji bagi calon jemaah

Masiran, Masiran (2022) Optimalisasi penggunaan nilai manfaat dana haji bagi calon jemaah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1901056029_Masiran] Text (SKRIPSI_1901056029_Masiran)
1901056029_Masiran_Full Skripsi - Masiran smart1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Studi ini hadir sebagai bentuk pengawasan terhadap pengelolaan dana haji. BPKH sebagai lembaga baru dalam pengelolaan dana haji memegang secara penuh pengelolaan keuangan haji. Hal tersebut berimbas pada kebingungan masyarakat mengenai bagaimana pengelolaan dan penggunaan dana haji guna keperluan penyelenggaraan ibadah haji.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis optimalisasi penggunaan nilai manfaat bagi calon jemaah. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif bersifat deskripstif, jenis field research, dengan pendekatan keuangan. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Untuk menjaga kredibilitas dan keabsahan data digunakan triangulasi sumber. Sumber data penelitian ini berasal dari Laporan tertulis BPKH RI, Peraturan Kepala Badan Pelaksana BPKH No. 7 Tahun 2021 tentang Nilai manfaat, Serta Laporan Keuangan BPKH RI. Sumber data pendukung berasal dari calon jemaah yang sudah mendaftar haji, dan sumber dokumen lainya. Setelah data terkumpul penulis menganalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi penggunaan nilai manfaat dana haji digunakan sebagai biaya kegiatan kemaslahatan umat Islam yang terdiri dari pelayanan ibadah haji, pendidikan dan dakwah, sarana prasarana ibadah, kesehatan, sosial keagamaan, dan ekonomi umat. Selanjutnya digunakan untuk pembayaran penyelenggaraan haji meliputi biaya katering jemaah, akomodasi Mekah dan Madinah, transportasi di Arab Saudi, layanan masyair, pasport, premi asuransi, pembinaan, dan pelayanan di Arab Saudi. Kemudian digunakan untuk biaya operasional BPKH meliputi belanja pegawai dan belanja operasional kantor. Penggunaan untuk penyaluran nilai manfaat ke rekening virtual calon jemaah yang digunakan untuk subsidi biaya perjalanan ibadah haji.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dana haji; BPKH; ibadah haji
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 76201 - Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 06 May 2023 02:44
Last Modified: 06 May 2023 02:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19845

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics