Analisis kesulitan belajar mata pelajaran biologi pokok bahasan jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI di MA Subhanah Subah

Fadlilah, Zidni (2021) Analisis kesulitan belajar mata pelajaran biologi pokok bahasan jaringan tumbuhan pada siswa kelas XI di MA Subhanah Subah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1403086013_ZIDNI_FADLILAH] Text (SKRIPSI_1403086013_ZIDNI_FADLILAH)
1403086013_ZIDNI FADLILAH_FULL SKRIPSI - Zidni Fadlilah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan belajar adalah keadaan dimana siswa tidak dapat belajar sebagaimana mestinya yang disebabkan hambatan atau gangguan tertentu dalam proses pembelajaran, sehingga siswa tidak dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa, mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kesulitan belajar, dan mengetahui usaha-usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran biologi pokok bahasan jaringan tumbuhan kelas XI di MA Subhanah Subah. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA, Guru Biologi, Waka Kurikulum dan Kepala Sekolah. Sampel di ambil menggunakan purposive sampling, yaitu siswa yang memiliki nilai ulangan dibawah KKM sebanyak 8 dari 17 siswa kelas XI MIPA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa siswa–siswi kelas XI MA Subhanah Subah mengalami kesulitan belajar materi Jaringan Tumbuhan antara lain kesulitan dalam penggunaan nama ilmiah, banyak hafalan dan banyaknya materi yang dipelajari. Adapun faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi minat belajar, motivasi belajar, kesehatan dan kebiasaan belajar siswa. Faktor eksternal meliputi lingkungan sekolah, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Faktor sekolah yang berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa adalah penggunaan metode dan media yang kurang mampu memotivasi siswa, sarana dan prasarana yang kurang memadai, suasana lingkungan sekolah yang kurang menyenangkan, serta kedisiplinan yang kurang. Faktor keluarga yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa yaitu kondisi ekonomi keluarga, sarana dan prasarana belajar di rumah yang kurang memadai, serta suasana belajar di rumah yang kurang kondusif. Faktor masyarakat yang paling berpengaruh pada kesulitan belajar siswa adalah teman bermain. Usaha yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan belajar siswa adalah pendekatan individu dan pemberian tugas tambahan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kesulitan belajar; biologi; jaringan tumbuhan
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 06 May 2023 03:06
Last Modified: 06 May 2023 03:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19852

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics