Meta-analisis pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran biologi

Ekawati, Nur Deviana (2023) Meta-analisis pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran biologi. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1608086043_NUR_DEVIANA_EKAWATI] Text (SKRIPSI_1608086043_NUR_DEVIANA_EKAWATI)
1608086043_Nur Deviana Ekawati_Lengkap Tugas Akhir - nur deviana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan dari 4C (Critical Thinking, Creativity, Collaboration dan Communication) yang harus dimiliki siswa. Namun kemampuan berpikir kreatif siswa masih cukup rendah, sehingga diperlukan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa, salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran creative problem solving. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa, dengan ditinjau berdasarkan materi, jenjang sekolah dan wilayah. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan metode meta-analisis. Penelitian ini menggunakan 16 artikel dan skripsi dengan rentang tahun 2013-2022. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Data dianalisis dengan cara pengkodean dan pengukuran effect size. Hasil penelitian: (1) besar effect size pengaruh model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif yaitu 1,32 yang termasuk kategori sangat tinggi, (2) berdasarkan materi, terdapat 9 materi dengan effect size yang menunjukan model creative problem solving memberikan pengaruh yang tinggi, (3) berdasarkan jenjang sekolah, effect size yang didapat di SMA yaitu 1,20 dan di SMP yaitu 1,58, (4) berdasarkan wilayah, terdapat 9 provinsi dengan effect size yang menunjukan model creative problem solving memberikan pengaruh yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Meta-Analisis; Creative Problem Solving; Berpikir Kreatif
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 44201 - Matematika
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 06 May 2023 03:52
Last Modified: 06 May 2023 05:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19858

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics