Pengaruh citra tubuh terhadap life satisfaction dengan syukur sebagai variabel moderator : studi pada mahasiswi UIN Walisongo yang mengalami body shaming

Putri, Riekie Nazila (2022) Pengaruh citra tubuh terhadap life satisfaction dengan syukur sebagai variabel moderator : studi pada mahasiswi UIN Walisongo yang mengalami body shaming. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804046062_Riekie Nazila Putri_Full] Text (Skripsi_1804046062_Riekie Nazila Putri_Full)
1804046062_Riekie Nazila Putri_Full Skripsi - Rieke Nazila Putri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Citra tubuh merupakan persepsi individu mengenai tubuhnya yang salah satunya dapat di pengaruhi oleh lingkungan sekitar. Salah satunya adalah tindakan body shaming. Hal tersebut yang pada akhirnya memunculkan citra tubuh negatif, dimana individu yang memiliki citra tubuh negatif adalah mereka yang tidak puas dengan dirinya dan merasa rendah diri serta khawatir dengan tubuhnya yang mengakibatkan ketidakpuasan terhadap keadaan tubuhnya. Dari ketidakpuasan tersebut yang pada akhirnya membuat individu merasa tidak puas dengan kehidupannya. Disini syukur hadir sebagai wujud dari kepuasan hidup dalam diri individu tersebut yang nantinya akan memunculkan apresiasi dari bentuk rasa syukur terhadap segala nikmat yang telah diperoleh.

Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis pengaruh citra tubuh terhadap life satisfaction dengan syukur sebagai variabel moderator. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dianalisis secara regresi linier sederhana dan Moderated Regression Analysis (MRA). Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswi aktif UIN Walisongo dari angkatan 2018-202021. Pengambilan sampel tersebut menggunakan sampling kuota dengan jumlah 100 mahasiswi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra tubuh berpengaruh terhadap life satisfaction. Kemudian, variabel syukur dapat memoderasi hubungan citra tubuh terhadap life satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Citra tubuh; Syukur; Life satisfaction; Body shaming; Mahasiswi
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:05
Last Modified: 10 Jul 2023 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19860

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics