Perbandingan teknik pengolahan data dari sudut pandang statistika dan machine learning

Rachmawati, Ariska Kurnia Perbandingan teknik pengolahan data dari sudut pandang statistika dan machine learning. Discussion Paper. Fakultas Sains Dan Teknologi, Semarang. (Submitted)

[thumbnail of Ariska Kurnia Rachmawati_Diskusi_Dosen] Text (Ariska Kurnia Rachmawati_Diskusi_Dosen)
Diskusi Dosen PERBANDINGAN TEKNIK PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN STATISTIKA DAN MACHINE LEARNING_ARTIKEL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (299kB)

Abstract

Kemajuan teknologi berkembang begitu pesat, bisa dibilang saat ini dunia sedang mengalami era dimana transformasi digital berlangsung, mulai dari teknologi berukuran besar hingga teknologi berukuran mikro yang tidak pernah dibayangkan manusia sebelumnya. Seluruh informasi atau data mengenai apapun yang ingin diketahui dapat diakses melalui internet baik informasi mengenai industri, politik, hiburan, apapun itu dapat ditemukan melalui internet. Statistika mempunyai peranan penting sebagai katalis perkembangan ilmu-ilmu lain, baik ilmu alam ataupun ilmu social. Statistika dipakai oleh disiplin ilmu lain sebagai alat untuk mengambil kesimpulan, menguji hipotesis/teori, memahami fenomena, menganalisis eksperimen, menentukan keputusan, dsb. Machine learning merupakan topik yang hangat di ranah teknologi beberapa tahun terakhir, karena dengan sistem ini diyakini akan mengubah serta mempermudah cara hidup dan bekerja manusia. Machine learning dan statistika adalah dua disiplin ilmu yang saling berkaitan dalam mempelajari ilmu tentang data dimana keduanya mempunyai dasar teori dan model yang sama. Perbedaan keduanya terletak pada fokus yang berbeda. Statistika lebih fokus ke arah pengambilan kesimpulan, sedangkan machine learning fokus ke prediksi data baru dengan tingkat keakuratan yang tinggi. Dari persamaan dan perbedaan tersebut, tidak salah kalau statistika dan machine learning disebut sebagai dua wajah berbeda dari satu kesatuan disiplin ilmu.

Item Type: Monograph (Discussion Paper)
Uncontrolled Keywords: Statistika; Machine Learning; Pengolahan Data
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 519 Probabilities and applied mathematics
Divisions: Makalah tidak diterbitkan (Unpublished papers)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 07 Aug 2023 04:44
Last Modified: 07 Aug 2023 04:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19887

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics