Konsep Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) Ahmad Faiz Zainuddin dan implementasinya dalam konseling Islam

Nashroh, Nila Fatmah Izzatun (2022) Konsep Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) Ahmad Faiz Zainuddin dan implementasinya dalam konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NILA_FATMAH_IZZATUN_NASHROH_1601016095_SKRIPSI] Text (NILA_FATMAH_IZZATUN_NASHROH_1601016095_SKRIPSI)
1601016095_Nila Fatmah Izzatun Nashroh_lengkap_tugasakhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nila Fatmah Izzatun Nashroh (1601016095) Hampir semua praktik konseling membutuhkan model-model terapi yang dapat membantu keberhasilannya, termasuk konseling Islam. Salah satu konsep terapi yang dapat digunakan dalam konseling Islam ialah konsep terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) yang dirancang oleh Ahmad Faiz Zainuddin. Pada kesempatan ini penulis ingin menguraikan bagaimana pengaplikasian konsep tersebut pada proses konseling Islam. penulis tertarik mengambil konsep yang memadukan antara aspek jasmani, psikis dan spiritual tersebut karena kemudahan dan kesederhanaan tekniknya serta ia dapat dipelajari oleh semua orang dari berbgai kalangan dan umur. Sesuai dengan judulnya penelitian ini ingin menjawab 2 permasalahan utama, yakni bagaimana konsep SEFT Ahmad Faiz Zainuddin dan bagaimana pula implementasinya pada konseling Islam. pada penelitian ini peneliti menggunakan metode countent analisi dengan bersumber pada dokumen-dokumen pustaka serta menggunakan pendekatan deskriptif analitis dengan harapan dapat menggambarkan teknik SEFT dengan baik dan benar serta teranalisis sesuai dengan syarat dan sistematika penulisan ilmiah.
Hasilnya penelitian ini menunjukkan bahwa konsep konsep SEFT Ahmad Faiz Zainuddin merupakan sebuah konsep yang memang dirancang untuk membantu individu yang membutuhkan bimbingan untuk mengatasi persoalam-persoalan hidup yang dialaminya, baik persoalan fisik maupun emosi. Selain itu konsep tersebut dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup seseorang yang didasarkan pada kekuatan Allah SWT, melalui tahap awal berupa Set Up, tahap kedua adalah proses tune-in dan tahap ketiga adalah proses Tapping. Konsep ini memiliki kelebihan yaitu mampu menyinergikan antara Spiritual Power dengan Energy Psychology. Namun disamping itu ia juga memiliki kelemahan, yaitu sulitnya mengukur keberhasilan SEFT, karena 90% konsep tersebut menitikberatkan pada spiritulitas. Hasil analisis lainnya juga menunjukkan bahwa Konsep SEFT dapat diimplementasikan di dalam Konseling Islam mengingat beberapa hal, yaitu: Pertama, antara SEFT dan Konseling Islam menitikberatkan kepada penyelesaian permasalahan berdasarkan spiritualitas atau agama. Kedua, metode yang digunakan tidaklah berbeda. Baik SEFT maupun Konseling Islam dapat dilaksanakan secara individual maupun kelompok serta dapat dilakukan dengan metode al-hikmah, al-mauidzah al-hasanah ataupun al-mujadalah. Ketiga, Asas-asas Konseling Islam tercover dalam kelima kunci keberhasilan SEFT (yakin, khusyu, keikhlasan, kepasrahan dan rasa syukur) yang digagas oleh Ahmad Faiz Zainuddin. Keempat, teknik-teknik yang dilakukan dalam SEFT tidak bertentangan dengan ajaran Islam, justru dalam teknik-teknik tersebut dilakukan sebagai bagian dari penanganan permasalahan langsung pada titik fokusnya. Penerapan atau implementasi teknik SEFT pada bimbingan konseling islam harus memperhatikan langkah-langkah yang sesuai dengan tahapan konseling Islam. Langkah pertama yaitu identifikasi masalah, langkah kedua diagnosis, tahapan selanjutnya terapi dengan SEFT, dan yang terakhir mengevaluasi keberhasilan teknik yang sudah diberikan kepada klien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Spiritual Emotional Freedom Technique; Ahmad Faiz Zainuddin; Konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion)
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 10 Jun 2023 03:56
Last Modified: 10 Jun 2023 03:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19938

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics