Manajemen media pembelajaran iPad Class di SD Islam Al Azhar 48 Pati

Sutji, Rusmiati Prasetio (2023) Manajemen media pembelajaran iPad Class di SD Islam Al Azhar 48 Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1903036042_Rusmiati Prasetio Sutji] Text (Skripsi_1903036042_Rusmiati Prasetio Sutji)
Skripsi_1903036042_Rusmiati Prasetio Sutji.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Media pembelajaran berbasis IT di era modern sangatlah diprioritaskan. SD Islam Al Azhar 48 Pati merupakan salah satu sekolah yang menerapkan media pembelajaran berbasis IT yaitu iPad Class. Media pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dalam mendukung pendidik dan menyampaikan materi ajar, serta memudahkan pemahaman siswa sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian dengan judul “Manajemen Media Pembelajaran iPad Class di SD Islam AL Azhar 48 Pati” dengan rumusan masalah yaitu bagaimana perencanaan media pembelajaran iPad Class di SD Islam Al Azhar 48 Pati, bagaimana pelaksanaan media pembelajaran iPad Class di SD Islam AL Azhar 48 Pati, dan bagaimana evaluasi media pembelajaran ipad class di SD Islam Al Azhar 48 Pati. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memahami perencanaan media pembelajaran iPad Class di SD Islam AL Azhar 48 Pati, mengetahui dan memhamai pelaksanaan media pembelajaran iPad Class di SD Islam AL Azhar 48 Pati, dan untuk mengetahui dan memahami evaluasi media pembelajaran iPad Class di SD Islam AL Azhar 48 Pati.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Penelitian meggunakan teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mewawancarai kepala sekolah, waka kurikulum, dan koordinator iPad Class.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa, perencanaan media pembelajaran iPad Class dilakukan dengan menentukan tujuan, sosialisasi, pembuatan modul, dan pembuatan panduat iPad Class. Selanjutnya dalam hal pelaksanaan, media pmebelajaran iPad Class dilakukan di kelas dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Learning Managemen System (LMS), imovie, page, procreate, canva, garageband, keynote, numbers, dan AR Makr. Selain itu proses pelaksanaan pembelajaran memerlukan sarana prasarana penunjang seperti wifi dan smart tv sebagai pengganti lcd. Sedangkan dalam hal evaluasi, yang dilakukan yaitu mengevaluasi guru dan proses pembelajarannya. Guru perlu dilakukan evaluasi untuk lebih meningkatkan skill dan pembuatan modul yang setiap tahunnya mengalami perubahan. Guru melakukan evaluasi setiap bulan sekali pada minggu ke empat. Untuk proses pembelajarannya, hal yang perlu dievaluasi adalah keamanan dan sarana prasarana yng menunjang. Hal tersebut saat ini masih terus diperbaiki oleh sekolah. Meskipun dalam pelaksanaan terdapat banyak kendala, namun SD Islam Al Azhar 48 Pati untuk berupaya untuk mengatasi hambatan tersebut agar teratasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran; iPad Class
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 03 Jul 2023 01:00
Last Modified: 03 Jul 2023 01:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19943

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics