Pengaruh omzet usaha dan tingkat pendidikan terhadap probabilitas kelancaran pengembalian pembiayaan murabahah pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)(studi kasus BPRS Gunung Slamet Kantor Cabang Ajibarang).

Ikhtiari, Noor Safira (2022) Pengaruh omzet usaha dan tingkat pendidikan terhadap probabilitas kelancaran pengembalian pembiayaan murabahah pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM)(studi kasus BPRS Gunung Slamet Kantor Cabang Ajibarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036002_NOOR_SAFIRA_IKHTIARI] Text (SKRIPSI_1705036002_NOOR_SAFIRA_IKHTIARI)
1705036002_Noor Safira Ikhtiari_Full Skripsi - Noor Safira Ikhtiari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Dalam penyaluran pembiayaan BPRS sering dijumpai berbagai masalah terutama kasus pengunggakan pengembalian pembiayaan yang dapat berpengaruh terhadap likuiditas dan profitabilitas. Salah satu BPRS berprestasi adalah BPRS Gunung Slamet dengan presentase nilai tunggakan yang mengalami penurunan pada beberapa tahun terakhir. Hal harus dipertahankan dan ditingkatkan hingga masalah tersebut dapat dihilangkan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh omzet usaha dan tingkat pendidikan terhadap probabilitas pengembalian pembiayaan Murabahah pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di BPRS Gunung Slamet KC Ajibarang. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi logistik. Data primer yang diperoleh dari responden yang mengisi kuesioner. Sampel sebanyak 70 nasabah yang dihitung menggunakan 10% dari populasi 230 nasabah, dengan teknik simple random sampling.
Hasil analisis pada uji simultan diperoleh nilai signifikan 0,014 < 0,05, artinya omzet usaha dan tingkat pendidikan secara simultan berpengaruh terhadap pengembalian pembiayaan. Kemudian pada uji parsial omzet usaha nilai signifikan 0,866 > 0,05, artinya tidak berpengaruh signifikan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan, sedangkan nilai tingkat pendidikan 0,018 < 0,05 yang berarti berpengaruh signifikan terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan. Dari variabel omzet usaha dan tingkat pendidikan mampu menjelaskan variabel probabilitas kelancaran pengembalian pembiayaan sebesar 24% dan sisanya 76% dijelaskan oleh variabel diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kelancaran Pengembalian Pembiayaan; Omzet Usaha; Tingkat Pendidikan.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 17 Jun 2023 03:36
Last Modified: 17 Jun 2023 03:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19951

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics