Pengaruh pengetahuan, lokasi dan promosi terhadap minat masyarakat muslim mengambil pembiayaan pada bank syariah di Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal

Firdaus, Annisa (2022) Pengaruh pengetahuan, lokasi dan promosi terhadap minat masyarakat muslim mengambil pembiayaan pada bank syariah di Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036025_ANNISA_FIRDUS] Text (SKRIPSI_1705036025_ANNISA_FIRDUS)
1705036052_ANNISA FIRDAUS_LENGKAP TUGAS AKHIR - Annisa Firdaus.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Kecamatan Patebon merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kendal yang terletak dekat dengan pusat kota kendal dan masih masuk dalam jangkauan bank syariah. Jika dilihat berdasarkan data OJK Pertumbuhan jumlah pembiayaan di bank umum syariah Kabupaten Kendal dirasa cukup menjanjikan, dari tahun 2016 hingga 2021 mengalami kenaikan rata-rata sebesar 5% pertahun. Kenyataan di Kecamatan Patebon masyarakat muslim disana masih minim yang mengambil pembiayaan di bank syariah dan lebih milih di bank konvesional. Faktor Kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang produk dan sistem operasional perbankan syariah membuat anggapan bahwa bank syariah dan bank konvensional itu sama saja hanya berbeda istilahnya.
Tujuan penelitian ini dilakukan adalah guna mengetahui dan menganalisis pengaruh pengetahuan, lokasi dan promosi, terhadap minat masyarakat muslim Kecamatan Patebon mengambil pembiayan di bank syariah baik pengaruh secara persial ataupun simultan.
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif. Kuantitatif deskriptif yaitu jenis penelitian yang dilakukan dengan menganalisis data dengan cara mendiskripsikan data yang sudah terkumpul sesuai dengan kenyataan. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner dan observasi atau wawancara dilakukan pada beberapa warga kecamatan Patebon Kabupaten Kendal.
Hasil Penelitan ini menunjukan bahwa pengetahuan dan lokasi tidak berpengaruh terhadap minat masyarakat muslim Kecamatan Patebon mengambil pembiayaan dibank syariah, Sedangkan untuk promosi berpengaruh. Dari hasil kuisioner menunjukan bahwa masyarakat muslim Kecamatan Patebon masih belum memahami produk dan sistem operasional dari bank syariah sehingga minat mengambil pembiayaan di bank syariah masih kurang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Lokasi; Promosi; dan Minat
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 17 Jun 2023 04:03
Last Modified: 17 Jun 2023 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19953

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics