Pengaruh kualitas layanan dan kualitas informasi terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (studi kasus pada Bank Syariah Indonesia KC Pati Sudirman)

Mujib, Ridwan Samiul (2022) Pengaruh kualitas layanan dan kualitas informasi terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (studi kasus pada Bank Syariah Indonesia KC Pati Sudirman). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_17050360133_RIDWAN] Text (SKRIPSI_17050360133_RIDWAN)
17050360135_RIDWAN_SKRIPSI FULL - Ridwan Mujib.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki bagaimana kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas layanan dan kualitas informasi. Penelitian ini dilaksanakan di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pati Sudirman. Penelitian ini didasari adanya reseach gap yang terjadi di BSI KC Pati Sudirman antara pihak bank dan nasabah. pihak bank menyatakan telah memberikan layanan dan informasi yang baik dan spesifik kepada nasabah, akan tetapi nasabah menyatakan bahwa pelayanan yang diberikan pihak bank terbilang kurang responsif dan informasi yang disampaikan kurang spesifik.
Jenis penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif yang mana pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F. tehnik pengumpulan data dengan cara observasi, pembagian kuesioner dan studi pustaka. pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan tehnik probability sampling (simple random sampling) dengan margin of eror 10% maka jumlah sampel yang diperoleh adalah 100 orang dari populasi sebanyak 5.164 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variable kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 4,470 lebih besar dari t tabel 1,198, nilai koefesien adalah positif sebesar 0,322 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan variable kualitas informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah sebesar 5,125 lebih besar dari t table 1,198, nilai koefesien adalah positif sebesar 0,318 dan nilai signifikansi sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan; Kualitas Informasi; Kepuasan Nasabah; BSI
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 17 Jun 2023 08:24
Last Modified: 17 Jun 2023 08:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19963

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics