Makna simbol tradisi Methil (Wiwitan) di Desa Asemrudung Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan

Wahyuningsih, Eka (2023) Makna simbol tradisi Methil (Wiwitan) di Desa Asemrudung Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1704016065_Eka_Wahyuningsih] Text (Skripsi_1704016065_Eka_Wahyuningsih)
Skripsi_1704016065_Eka_Wahyuningsih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tradisi methil merupakan tradisi yang unik dan menarik untuk dikaji, yakni keyakinan masyarakat petani Desa Asemrudung terhadap unsur-unsur (sesajen) yang terdapat dalam tradisi methil. Peneliti merasa tertarik untuk mempelajari bagaimana proses tradisi tersebut dan apa makna-makna yang ada dalam ritual methil dikalangan masyarakat petani di Desa Asemrudung. Dimana relasi petani dengan sesama petani, relasi petani dengan alam termanifestasikan dalam simbol-simbol yang mereka gunakan dalam rangkaian ritual methil. Dalam tradisi methil di Desa Asemrudung Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan terdapat 21 tanda. Dari 21 tanda tersebut peneliti mencoba meneliti enam tanda untuk kemudian diketahui makna denotasi, konotasi kemudia mitos dari enam tanda/simbol tersebut berdasarkan semiotika Roland Barthes. Untuk memperoleh data yang konkrit tentang tradisi methil di Desa Asemrudung Kecamatan Geyer Kabupaten Grobogan, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan ikut serta mengikuti dan mengamati beberapa tahap ritual methil di Desa tersebut. Sehingga dari data yang diperoleh selama penelitian tersebut terdapat beberapa simbol yang terkandung dalam tradisi methil, yaitu; simbol perlindungan, simbol rasa syukur, simbol pelestarian dan simbol kerukunan. Upaya peneliti tersebut sejalan dengan kajian semiotika Roland Barthes tentang Denotasi, Konotasi dan Mitos.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Simbol; Tradisi Methil; Semiotika Roland Barthes; Wiwitan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.28 Islam and other believes
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
300 Social sciences > 390 Customs, etiquette, folklore > 394 General customs
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 06 Jul 2023 10:16
Last Modified: 06 Jul 2023 10:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19983

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics