Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi belanja online ‘Tokopedia’ pada pengguna Tokopedia

Rohmaniyah, Zulfatur (2022) Pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi belanja online ‘Tokopedia’ pada pengguna Tokopedia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1805026013_Zulfatur_Rohmaniyah] Text (Skripsi_1805026013_Zulfatur_Rohmaniyah)
Skripsi_1805026013_Zulfatur_Rohmaniyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand ambassador dan brand image terhadap keputusan pembelian pada aplikasi belanja online Tokopedia. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan IBM SPSS Statistic 21. Objek dari penelitian ini adalah para pengguna Tokopedia dari tahun 2018 sampai sekarang.
Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket. Pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive, untuk jumlah responden sebanyak 100 pengguna aktif Tokopedia dari tahun 2018 sampai sekarang. Penelitian ini di analisis menggunakan uji coba analisis dengan instrument uji validitas, uji reliabilitas. Sedangkan data analisis data penelitian ini meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pada variabel brand ambassador berpengaruh negatif terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia, sedangkan variabel brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Tokopedia.
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of brand ambassadors and brand image on purchasing decisions on the online shopping application Tokopedia. The method in this study uses quantitative methods using IBM SPSS Statistics 21. The object of this research is Tokopedia users from 2018 until now.
Collecting data in this study using a questionnaire/questionnaire. The sample used in this study used a purposive sampling technique, for a total of 100 active Tokopedia users from 2018 to the present. This study was analyzed using trial analysis with validity test instruments, reliability tests. While the data analysis of this research data includes the normality test, multicollinearity test, heteroscedasticity test, and hypothesis testing.
The results of this study state that the brand ambassador variable has a negative effect on purchasing decisions at Tokopedia, while the brand image variable has a positive and significant effect on purchasing decisions at Tokopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Brand Ambassador; Brand Image; Keputusan Pembelian; Market place
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Muhammad Mikail Azka
Date Deposited: 06 Jul 2023 10:18
Last Modified: 06 Jul 2023 10:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19992

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics