Aktualisasi nilai-nilai aqidah melalui kegiatan mujahadah : studi kasus Jamaah Mujahadah di Desa Getas Singorojo Kendal

Lutfiana, Rizka Ria (2022) Aktualisasi nilai-nilai aqidah melalui kegiatan mujahadah : studi kasus Jamaah Mujahadah di Desa Getas Singorojo Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804016067_Rizka_Ria_lutfiana] Text (Skripsi_1804016067_Rizka_Ria_lutfiana)
Skripsi_1804016067_Rizka_Ria_lutfiana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sekarang ini kegelisahan banyak dialami oleh beberapa manusia sebab kurangnya keimanan kepada Allah SWT. Mujahadah adalah bentuk usaha melawan hawa nafsu secara sunguh-sungguh. Di dalam mujahadah berisi zikir bacaan Al-Quran, solawat dan doa, yang mana bacaan-bacaan tersebut dapat menambahkan keimanan jamaahnya. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi jamaah mujahadah di Desa Getas terhadap kesadaran eksistensi Tuhan, dan untuk mengetahui bagaimana aktualisasi nilai-nilai akidah dalam kehidupan sehari-hari jamaah mujahadah di Desa Getas. Penelitian ini meggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan bahwa, kegiatan mujahadah di desa getas dilaksanakan seminggu sekali secara rutin setiap malam Rabu. Dengan rangkaian kegiatan seperti Tausiah, membaca surat Al-Waqiah, surat Yasin dan sholawat Arrizqiyah. Kegiatan mujahadah dilakukan secara rutin mampu menumbuhkan kesadaran Eksistensi Tuhan. Mereka cenderung lebih sadar kalau Tuhan tidak akan meninggalkan makhluknya. Hasil penelitian lain bahwa, aktualisasi nilai-nilai aqidah dalam kehidupan sehari-hari para jamaah menjadi pribadi yang yakin dengan pertolongan Allah, sholawat Arrizqiyah jika dibaca secara rutin dapat memperlancar rizqi, siapa yang berdagang pendapatanya akan bertambah dan segala urusanya akan dipermudah. Hal tersebut menjadikan para jamaah untuk sadar kalau Tuhan tidak pernah meninggalkan makhluknya. Dengan begitu kegiatan mujahadah memberikan efek positif bagi para jamaahnya, baik psikis maupun sosilogis dalam meningkatkan etos kerja jamaahnya. Sebab para jamaah yang rutin mengikuti mujahadah jauh lebih optimis dan tak mudah putus asa mencari rizky Allah di muka bumi. Sebab dengan membangun ideologi semangat kerja para jamaahnya dengan keyakinan kalau Allah akan memberikan rizky kepada hamba-hambanya yang berusaha dan berdoa serta yakin dengan diri Nya. Kesadaran untuk menjalankan syariah juga muncul karena itu itu adalah kewajiban.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktualisasi; Aqidah; Mujahadah;
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.21 God and spiritual beings
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:51
Last Modified: 10 Jul 2023 06:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20004

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics