Strategi pengembangan UMKM Oemah Produksi Djintoel melalui pendekatan SOAR perspektif etika bisnis Islam
Laily, Syifa Afiyati (2022) Strategi pengembangan UMKM Oemah Produksi Djintoel melalui pendekatan SOAR perspektif etika bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_1805026063_Syifa_Afiyati_Laily.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB)
Abstract
Bisnis kuliner menjadi ladang bisnis yang menarik banyak minat, hal ini disebabkan oleh peluang usaha pada bisnis makanan menjanjikan potensi keuntungan yang menggiurkan. Oleh sebab itu, persaingan bisnis saat ini mulai ketat, dan UMKM perlu merencanakan strategi yang matang agar dapat bertahan dan siap dalam bersaing, salah satunya yaitu UMKM Oemah Produksi Djintoel. Bisnis ini merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang makanan ringan atau camilan dengan bahan baku singkong. UMKM Oemah Produksi Djintoel menciptakan produk-produk yang berkualitas dengan varian rasa yang beragam. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan UMKM Oemah Produksi Djintoel dalam perspektif etika bisnis Islam dan untuk mengetahui strategi apa yang tepat untuk UMKM Oemah Produksi Djintoel dalam mengembangkan usahanya melalui pendekatan SOAR.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (flield research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan dua jenis sumber data, yaitu primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara. Sedangkan, data sekunder diperoleh melalui dokumentasi. Analisis melalui metode penelitian kualitatif berupaya menemukan data penelitian yang berasal dari lapangan. Dalam penelitian ini yang menjadi narasumber adalah orang yang paham dan mengetahui mengenai strategi yang tepat dalam UMKM Oemah Produksi Djintoel melalui pendekatan SOAR dengan perspektif etika bisnis Islam.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pengembangan bisnis yang diterapkan oleh UMKM Oemah Produksi Djintoel yaitu strategi penetrasi pasar (pemasaran melalui sosial media dan E-commerce), strategi pengembangan pasar (pemanfaatan teknologi melalui media sosial), serta strategi pengembangan produk (inovasi dan variasi dalam produk). Berdasarkan analisis etika bisnis Islam, strategi yang diterapkan sudah sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist serta menerapkan prinsip-prinsip dalam etika bisnis Islam, meliputi prinsip tauhid, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab, dan kebenaran. Sedangkan hasil dari penelitian menurut analisis SOAR menunjukan bahwa strategi yang tepat atau efektif digunakan oleh UMKM Oemah Produksi Djintoel dalam mengembangkan usahanya, seperti Mempertahankan kualitas bahan baku yang terjamin kehalalan maupun kualitasnya, membuat konten sosial media yang dapat menarik minat konsumen dengan rutin promosi serta mengadakan diskon ataupun give away, serta mengikuti berbagai macam event maupun pameran untuk mengenalkan produk.
ABSTRACT:
The culinary business is a business field that attracts a lot of interest, this is because business opportunities in the food business promise lucrative potential profits. Therefore, business competition is currently getting tougher, and MSMEs need to plan a mature strategy in order to survive and be ready to compete, one of which is MSME Oemah Djintoel Production. This business is one of the MSMEs engaged in snacks or snacks with cassava raw materials. MSME Oemah Djintoel Production creates quality products with various flavor variants. Therefore, this study aims to find out how the development strategy of Oemah Production Djintoel SMEs in the perspective of Islamic business ethics and to find out what strategies are appropriate for Djintoel Production Oemah SMEs in developing their business through the SOAR approach.
This study uses a type of field research (flield research) that uses descriptive qualitative research methods, using two types of data sources, namely primary data and secondary data. primary data obtained by conducting observations and interviews. Meanwhile, secondary data was obtained through documentation. Analysis through a qualitative approach seeks to find research data from the field. In this study, the speakers are people who understand and know about the right strategy in the Djintoel Production Oemah UMKM through the SOAR approach with the perspective of Islamic business ethics.
The results show that the business development strategies implemented by MSMEs Oemah Production Djintoel are market penetration strategies (marketing through social media and E-commerce), market development strategies (utilization of technology through social media), and product development strategies (innovation and variations in products). ). Based on the analysis of Islamic business ethics, the strategy applied is in accordance with the Qur'an and Hadith and applies the principles of Islamic business ethics, including the principles of monotheism, balance, free will, responsibility, and truth. While the results of the research according to SOAR analysis show that the right strategy is used by MSME Oemah Djintoel Production in developing its business, such as maintaining the quality of raw materials that are guaranteed halal and quality, creating social media content that can attract consumer interest with regular promotions and holding discounts or giveaways. away, as well as participating in various events and exhibitions to introduce products. However, additional strategies are still needed by utilizing the strengths they have.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam; SOAR; Strategi Pengembangan; UMKM. |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Muhammad Mikail Azka |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:54 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20006 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year