Pergeseran budaya sarung dalam tradisi Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah : tinjauan cultural studies

Asih, Evi Faekaning (2022) Pergeseran budaya sarung dalam tradisi Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah : tinjauan cultural studies. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804016103_Evi_Faekaning_Asih] Text (Skripsi_1804016103_Evi_Faekaning_Asih)
Skripsi_1804016103_Evi_Faekaning_Asih.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Sarung merupakan salah satu warisan budaya Indonesia, dimana semakin berkembangnya teknologi dan zaman membuat makna sarung berubah, dari yang dulunya adalah sebuah pakaian untuk beribadah sekarang sudah bergeser menjadi pakaian yang lebih modern. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pergeseran budaya sarung di tradisi Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah (2) guna mengetahui pergeseran budaya sarung di d Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil Aziziyyah alam tinjauan cultural studies. Dalam melakukan proses penelitian ini, peneliti memberikan beberapa tahapan dalam model penelitian ini yang diuraikan sistematis yang berkaitan dengan masalah secara langsung yaitu pergeseran budaya sarung dalam tinjauan cultural studies. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian data yang dihasilkan berupa data deskripstif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan (1) sarung menjadi pakaian yang pasti dimiliki oleh santri karena dalam aktivitas sehari-hari santri memakai sarung, selain dipakai di lingkungan pesantren, sarung bisa juga dipakai di luar lingkungan pesantren, merek dari sebuah sarung mempengaruhi minat daya beli santri. (2) unsur cultural studies dapat terlihat bahwa sarung menjadi sebuah budaya dalam pesantren, sarung menjadi sebuah tren yang terjadi di dalam pesantren, dengan adanya trend membuat citra dari suatu merek sarung memiliki kekuatan tersendiri. Sarung dengan kualitas baik tentu banyak dimiliki santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Budaya; Sarung; Cultural studies; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76237 - Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Rahmat Darmawan Nitimartono
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:03
Last Modified: 10 Jul 2023 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20011

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics