Konsep moderasi beragama dalam lingkup agama-agama : studi analisis isi Piagam Madinah

Harahap, Yogi Alansyah (2022) Konsep moderasi beragama dalam lingkup agama-agama : studi analisis isi Piagam Madinah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1804036013_Yogi_Alansyah_Harahap_Lengkap] Text (Skripsi_1804036013_Yogi_Alansyah_Harahap_Lengkap)
1804036013_YogiAlansyahHarahap_skripsifull - Yogi Alansyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Moderasi beragama dalam lingkup agama-agama menjelaskan bahwa setiap pemeluk agama bebas mengekspresikan kegiatan keagamaan menurut tuntunan agama dan kepercayaannya sambil menghormati keyakinan para penganut agama lain. Sejak masa Nabi Muhammad saw, di Madinah seluruh kelompok masyarakat dengan beragam suku dan agama di bawah kepemimpinan beliau telah sepakat menetapkan kemudian apa yang dikenal dengan Piagam Madinah. Di dalamnya memuat pasal-pasal yang mengatur kehidupan dalam beragama dan bermasyarakat di kota Madinah.
Tujuan peneletian ini adalah untuk menemukan kandungan nilai-nilai moderasi beragama yang dimuat dalam pasal-pasal Piagam Madinah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini adalah Moderasi Beragama dan obyeknya adalah Piagam Madinah. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara megumpulkan informasi dan data-data yang di dapatkan dari berbagai literature, seperti buku-buku, kitab-kitab, maupun jurnal. Teknik analisis data dilakukan dengan metode content analysis (analisis isi).
Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa dalam pasal-pasal Piagam Madinah yang termuat 47 pasal mengandung ajaran-ajaran moderasi beragama, antara lain komitmen kebangsaan, toleransi antar umat beragama, anti kekerasan, dan akomodatif terhadap kebudayaan lokal yang dibuktikan atau disertai penjelasan masing-masing di dalam teks piagam madinah dan sirah kepemimpinan nabi Muhammad saw di kota Madinah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama yang terkandung dalam Piagam Madinah menujunkkan kehidupan sosial kemasyarakatan kota Madinah yang menjunjung tinggi perdamaian antar umat beragama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Moderasi; Moderasi beragama; Piagam madinah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.26 Islam and secular disciplines > 297.261 Islam and philosophy
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Fahrurozi Fahrurozi
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:18
Last Modified: 13 Jul 2023 06:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/20030

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics